ArtikelFoto

Kemenko Marves Bersama Kementerian Lembaga Finalisasi Penyusunan Matriks  Sustainable Development Goals 2020-2024

Dibaca: 17 Oleh Jumat, 4 Desember 2020Desember 5th, 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Bersama Kementerian Lembaga Finalisasi Penyusunan Matriks  Sustainable Development Goals 2020-2024
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

 

MarvesBogor, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama kementerian lembaga (K/L) terkait melakukan finalisasi penyusunan matriks  yang akan menjadi bagian dari rencana aksi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) periode 2020-2024. Penyusunan tersebut dibahas dalam sebuah workshop di Bogor, Jawa Barat, Jumat (4-12-2020).

Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Sosio-Antropologi Kemenko Marves Tukul Rameyo Adi mengatakan pembahasan dan penyusanan matriks pada TBP atau SDGs ini dilaksanakan selama dua hari yakni Kamis dan Jumat (3-4 Desember 2020). Pada hari pertama dilakukan tahap sosialisasi kepada K/L terkait baik yang hadir langsung maupun secara virtual. Matriks utama yang disusun ialah pada K/L yang berada di bawah koordinasi Kemenko Marves.

”Sebagaimana kita tahu TPB itu untuk era pembangunan 2020-2024 sudah menjadi salah satu pengarusutamaan atau pondasi pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) lima tahun. Tentunya semua pembangunan itu harus mewarnai TPB, di mana tujuan akhir dan tujuan mulianya adalah no one behind, artinya sejahtera bersama-sama, bahagia bersama-sama, mulia sama-sama,” kata SAM Rameyo dalam workshop tersebut, Jumat (4-12-2020).

Baca juga:  Menko Luhut B. Pandjaitan kunker ke Kantor Sekretariat Regional CTI-CFF, Manado.

SAM Rameyo menjelaskan pada TPB ini harus memperhatikan empat aspek keberlanjutan dalam pelaksanaan atau implementasi nantinya, yakni aspek lingkungan, aspek sosial, aspek ekonomi, dan aspek politik. Secara singkat dan sederhana semua rencana pembangunan harus memperhatikan dan mempertimbangkan empat hal tersebut.
Selain menfinalisasi TPB Kemenko Marves dan K/L terkait yang juga membahas terkait mekanisme implementasi dan pemantauan dari Rencana Aksi (Renaksi) TPB 2020-2024.

”Kita mengundang tujuh K/L di bawah koordinasi Kemenko Marves ditambah dengan 38 lembaga lainnya yang sebetulnya terkait dengan pembangunan kemaritiman dalam hal ini mereka yang berkontribusi kepada Renaksi Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) 2020-2024 yang salah satu pondasinya TPB tau SDGs. Jadi kita sosialisasi bersama-sama,” ujar SAM Rameyo.

Menurut SAM Rameyo dalam kegiatan ini sudah banyak masukan dan bahan yang diperoleh dari penjelasan dan paparan dari perwakilan K/L yang kemudian akan ditelaah serta disampaikan kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), sebagai Sekretariat TPB atau SDGs Nasional.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Tentang Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong

”Disamping itu kita sudah memetakan tugas-tugas kedeputian yang ada di Kemenko Marves yang secara teknis akan memantau dan mengawal lebih teknis implementasi TPB atau SDGS,” pungkas Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Sosio-Antropologi Kemenko Marves ini.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel