Berita DeputiDeputi 3

Kemenko Marves bersama KSP Monitor Major Project Program Strategis Nasional Agar Berjalan Sesuai Target

Dibaca: 17 Oleh Selasa, 30 Maret 2021April 1st, 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves bersama KSP Monitor Major Project Program Strategis Nasional Agar Berjalan Sesuai Target
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-208/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

 

Marves – Jakarta, Guna memastikan pembangunan program prioritas nasional berjalan lancar dan tepat manfaat sesuai dengan target yang telah ditetapkan, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kantor Staf Presiden (KSP) mengadakan pertemuan dengan K/L teknis penanggung jawab program prioritas dalam rangka identifikasi dan penajaman kegiatan-kegiatan tahun 2021. Acara ini diadakan pada Selasa (30-03-2021).

KSP dan Kemenko Marves bertugas untuk menjalankan fungsi Delivery Assurance Unit (DAU) berupa monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian/lembaga (K/L) secara periodik. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program prioritas nasional ini dilaksanakan melalui Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi (Sismonev). Nantinya, K/L yang menjadi penanggung jawab program harus melaporkan progres ke dalam Sismonev setiap bulan keempat (B04), keenam (B06), kesembilan (B09) dan kedua belas (B12) di setiap tahunnya.

Asisten Deputi  Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) yang hadir mewakili Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi berharap dengan adanya Sismonev, K/L terkait dapat mewujudkan dan melaporkan kegiatan dengan baik dan tepat waktu sesuai RPJMN 2020-2024.

Baca juga:  Pemerintah Dukung Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Produksi Dalam Negeri untuk Tampil di Pertemuan G20

Sebagai salah satu anggota tim DAU, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi bertanggung jawab dalam pelaksanaan monev dan pengendalian program prioritas nasional di bidang infrastruktur dan transportasi, baik yang bersumber dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Proyek Strategis Nasional (PSN), maupun dari arahan khusus Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di tahun 2021.

Beberapa kegiatan Major Project PSN yang dipantau oleh KSP dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves dalam Sismonev, antara lain sistem penyediaan air minum (SPAM) perpipaan sebanyak 10 juta sambungan rumah (SR) dan sanitasi layak dan aman, pengelolaan air tanah dan penyediaan air baku, pembangunan satu juta rumah susun perkotaan, pembangunan 18 waduk multipurpose dan modernisasi irigasi, pengamanan pesisir lima perkotaan di Jawa, serta pembangunan infrastruktur jalan, baik jalan strategis, jalan tol, jalan pendukung kawasan prioritas maupun jalan trans untuk 18 pulau terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

“Dalam pelaksanaannya, Kementerian PUPR perlu melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, seperti melalui perwakilan kantor PUPR yang ada di daerah. Ini perlu dilakukan agar tercipta kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan PSN,” tegas Asdep Rahman.

Baca juga:  Suar Kemaritiman Edisi 23 Oktober 2018

Sebelumnya, pada Senin (29-03-2021), Deputi 1 Bidang Infrastruktur, Energi, dan Investasi KSP Febry Calvin Tetelepta telah membuka kegiatan melalui Kick Off Meeting3 dan Evaluasi Program Prioritas Nasional Tahun 2021 secara hybrid di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh perwakilan Deputi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, yaitu Asdep IDPSDA. Selain itu, hadir pula Biro Perencanaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekeaf), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Sekretaris Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel