BeritaFotoPublikasi

Kemenko Marves Bersinergi Selaraskan KRO-RO dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2022

Dibaca: 6 Oleh Sabtu, 29 Mei 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Bersinergi Selaraskan KRO-RO dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2022
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-342/HUM/ROKOM/SET.MARVES/V/2021

Marves-Tangerang Selatan, Dalam rangka penyelarasan Klasifikasi Rincian Output (KRO)-Rincian Output (RO) pada Rencana Kerja (Renja) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi tahun 2022, Biro Perencanaan melaksanakan Rapat Penyelarasan KRO-RO pada Kamis-Sabtu, 27-29 Mei 2020 di Serpong, Tangerang Selatan. Acara ini merupakan tindaklanjut pertemuan tiga pihak (Trilateral Meeting) yang diadakan Kementerian PPN/Bappenas dengan mengundang Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Keuangan di Jakarta pada hari Kamis 27 Mei 2021.

“Kita menyimak dan mengetahui bagaimana kondisi keuangan negara kita pada saat ini. Untuk itu, diharapkan kita benar-benar bisa memilah dan memilih kegiatan yang sesuai dengan tema Rencana Kerja Pemerintah RKP 2022 yang telah ditetapkan, isu strategis dan target yang mengacu pada RPJMN 2020-2024, kegiatan Non RPJMN seperti direktif presiden, kegiatan atas arahan Menko, kegiatan lanjutan serta kegiatan lain seperti koordinasi SDGs,” kata Kepala Biro Perencanaan, Arif Rahman dalam membuka sambutannya.

Karo Arif menyampaikan bahwa penyiapan data dukung untuk Renja ini sudah dimulai sejak awal tahun ini. “Penyiapan dukungan renja ini bukan hanya kemarin, tapi untuk tahun 2022 ini kita sudah pernah bertemu untuk membahasnya,” tambah Karo Arif.

Baca juga:  Pengembangan Konservasi Tanaman Herbal, Kemenko Marves Pilih Humbahas Sumut

Dalam perjalanan redesain sistem perencanaan dan penganggaran di Kemenko Marves baru masuk di tahun kedua dan masih perlu penyempurnaan. Karo Arif menyampaikan bahwa semua unit kerja sebenarnya sudah memiliki gambaran program dan kegiatan apa saja yang akan dilaksanan di pada tahun 2022 nanti. Dari segi anggaran, unit kerja kedeputian, biro, ataupun inspektorat sudah memahami dan menerima perkiraan besaran distrbusi pagu indikatif ini.

“Saya berharap agar setiap unit kerja dapat menyesuaikan perubahan-perubahan seperti pengelompokan rincian output, KRO, dan RO yang baru saja dikeluarkan Bappenas. Penyesuaian ini tentu mengantar pada pengelolaan anggaran yang lebih baik dan akan memudahkan dalam pelaksanaan DIPA nanti,” ungkap Karo Arif.

Dalam acara ini ditargetkan renja tahun 2022 dengan KRO-RO yang telah disesuaikan dapat tersusun, serta menyiapkan catatan berita acara trilateral meeting pagu indikatif tahun anggaran 2021.

Dalam acara ini, Biro Perencanaan mengundang seluruh Kepala Bagian Program dari seluruh unit kerja di Kemenko Marves, dan mengundang narasumber dari Direktorat Ekontim Kementerian Keuangan serta Direktorat Kelautan dan Perikanan Kementerian PPN/Bappenas.

Baca juga:  Menko Luhut Ajak IMF-WB Berkontribusi untuk Palu

Setelah dokumen renja selesai, akan dilanjutkan dengan diskusi untuk meminta masukan atas usulan KRO-RO Kemenko Marves tahun anggaran 2022 kepada Direktorat Kelautan dan Perikanan, Kementerian PPN/Bappenas dan Direktorat Ekontim, Kementerian Keuangan.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel