BeritaDeputi 3

Kemenko Marves: Diperlukan Percepatan Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran

Dibaca: 76 Oleh Selasa, 23 Maret 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves: Diperlukan Percepatan Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-186/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi yang diwakili oleh Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) Rahman Hidayat melakukan peninjauan ke Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (CBK). Kunjungan dan pengawasan yang dilakukan pada hari Senin hingga Selasa (22-23 Maret 2021) ini bertujuan untuk melihat progres pembangunan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020.

“Kegiatan ini merupakan bentuk peninjauan kembali progres pembangunan infrastruktur jalan tol CBK. Sebelumnya, kami telah mengadakan konsinyering pada tanggal 26 Agustus 2020,” ungkap Asdep IDPSDA Rahman pada kunjungan di hari kedua.

Tol CBK yang diproyeksikan akan selesai tahun 2021 ini, menurutnya akan dibangun sepanjang 14,19 km. Nantinya, ruas tol akan menambah variasi rute yang dapat digunakan untuk menuju dan kembali dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta maupun wilayah sekitarnya di Tangerang.

Baca juga:  Kunjungan Kemenko Marves bersama Delegasi UEA ke Taman Mangrove Karang Song

Pekerjaan saat ini mencakup pengadaan lahan dan konstruksi. Untuk progres pembebasan lahan telah mencapai 97,74 persen sehingga dapat dilanjutkan untuk proses pembangunan. Sementara itu, untuk pelaksanaan konstruksi telah mencapai 97,01 persen. Dari total 32 bidang yang akan dibangun, tersisa empat bidang yang belum dikonstruksi akibat pembebasan lahan yang masih terkendala.

“Proyek PSN ini harus dilakukan percepatan agar dapat selesai tahun 2021. Salah satu pihak yang berperan besar saat ini adalah pihak TNI/POLRI untuk mengawal pembangunan di Tol CBK sampai peresmian,” pesan Asdep Rahman saat mengakhiri kunjungan hari pertama. Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang pun telah sepakat dengan pernyataan ini.

Pada hari kedua kunjungan, dapat dilihat bahwa TNI/POLRI telah mengamankan titik di Kelurahan Jurumudi, salah satu lokasi yang mengalami gangguan pelaksanaan pekerjaaan pembangunan Tol CBK. Agenda dipimpin oleh Kepala Kepolisian Resor Metro Tangerang Kota Komisaris Besar Polisi (Kombes. Pol.) Deonijiu de Fatima.

“Pengamanan lokasi pekerjaan ini akan terus dilakukan oleh TNI/POLRI untuk mendampingi kontraktor dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi sehingga pembangunan Tol CBK dapat selesai tepat waktu,” kata Kapolres Deonijiu.

Baca juga:  Belanda Berniat Bantu Indonesia dalam Masalah Lingkungan Hidup

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel