Deputi 2Berita Deputi

Kemenko Marves Dorong Kerja Sama Indonesia-Korsel Dalam Pemanfaatan Data Satelit

Dibaca: 128 Oleh Jumat, 3 Juli 2020Juli 5th, 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Dorong Kerja Sama Indonesia-Korsel Dalam Pemanfaatan Data Satelit
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Dalam rangka pertemuan perdana yang merupakan perkenalan awal dari kerja sama yang dilakukan antara Indonesia dengan Korea Selatan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pemanfaatan Satellite Chollian 2B dalam menanggulangi perubahan iklim, permasalahan lingkungan, serta isu-isu kelautan atau kemaritiman di Indonesia.

“Seluruh manfaat yang didapat dari kerja sama ini bisa kita maksimalkan tidak hanya untuk sektor-sektor tertentu saja, melainkan untuk kepentingan nasional yang lebih luas dan seluruh sektor terkait. Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC) merupakan rangkaian kerja sama subtansial dalam bidang ilmu kedaulatan kelautan dan kemaritiman sejak tahun 2018 lalu,” sambut Asisten Deputi Hilirisasi Sumber Daya Maritim Amalyos dalam Rakor terkait Potensi dan Pemanfaatan Platform For Geostationary Satellite Utilization For Asean yang dilakukan secara virtual pada Jumat (03-07-2020).

Lebih lanjut Asdep Amalyos menambahkan mengenai manfaat yang didapatkan secara luas yaitu dalam rangka capacity building misalnya berupa pelatihan, transfer teknologi, juga pendidikan tinggi bagi para pelaku dalam bidang-bidang terkait. Selain itu juga dapat mendorong pemanfaatan data riset yang terpadu dalam National Ocean Data Center atau NODC.

Baca juga:  Kemenko Maritim: Perlu Kerja sama K/L dalam Menjaga Keberagaman Hayati Indonesia

“Kemenko Marves akan melakukan koordinasi tindak lanjut, melakukan pertemuan atau diskusi lanjutan, melihat pandangan para pakar satelit dan remote sensing dalam proyek kerja sama satelit ke depannya. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan eksplorasi dan promosi kemampuan satelit Korea ini pada suatu forum yang diinisiasi oleh MAPIN (Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia), besar harapannya agar teknologi satelit korea bisa ditransfer dan manfaatnya akan dirasakan langsung dalam pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumber daya kita. Terdapat banyak kegiatan yang menunjang juga, jadi saya pikir banyak yang bisa kita dorong melalui ini,” kata Asdep Amalyos.

Co-Director dari MTCRC yang sekaligus juga sebagai perwakilan KIOST (The Korea Institute of Ocean Science and Technology), Hansan Park mengapresiasi koordinasi tindak lanjut yang telah diselenggarakan kali ini. Ia menyebutkan bahwa memang tidak mudah untuk menghadapi beberapa isu strategis tersebut, khususnya yang terjadi di Indonesia, dengan fakta bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, serta negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia.

Baca juga:  Spanyol Minati Wisata Bahari Indonesia

“Bisakah kita monitoring setiap hari dan setiap lokasinya. Namun, sekarang teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Kita dimudahkan dengan dapat melakukan monitoring memanfaatkan Remote Sensing – Satellite. Kita lebih mudah dan semua berbasis pada data yang spesifik tentunya. Saya berharap Indonesia dapat mengoperasikan serta mengembangkan satelit ini dengan baik,” jelas Hansan Park.

Rakor ini dihadiri oleh banyak pakar dan ahli dalam bidang persatelitan, remote sensing, lingkungan hidup dan kemaritiman, baik dari sektor pendidikan, peneliti, dan dari K/L terkait. Di antara yang hadir adalah perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Informasi Geospasial, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Diponegoro.

Biro Komunikasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Sumber Foto Cover: Spacewatch.global

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel