FotoBerita DeputiDeputi 3

Kemenko Marves Dorong Penyelesaian PSN Sistem Penyediaan Air Minum di Semarang Barat

Dibaca: 24 Oleh Kamis, 11 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Dorong Penyelesaian PSN Sistem Penyediaan Air Minum di Semarang Barat
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No.SP-83/HUM/ROKOM/ SET.MARVES/II/2021

Marves – Semarang, Pada hari Senin (08-02-2021), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Asisten Deputi (Asdep) Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air Rahman Hidayat melakukan rapat koordinasi (rakor) dan kunjungan lapangan untuk monitoring penyelesaian salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN. Kunjungan yang dilakukan di Semarang ini untuk meninjau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Agenda monitoring PSN ini dilakukan untuk melihat secara langsung pengerjaan SPAM dalam membangun fasilitas instalasi pengolahan air minum regional Semarang. Asdep Rahman sangat menyadari kemajuan pekerjaan SPAM Semarang Barat yang menggunakan mekanisme pembiayaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Proyek ini diharapkan bisa diresmikan pada pertengahan bulan Mei 2021.

Dalam rapat, Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) PDAM Semarang, E. Yudi Indardo menegaskan bahwa pengerjaan konstruksi sudah memasuki minggu ke-89 dari rencana total selama 105 minggu. Sejauh ini, perkembangan pembangunan proyek SPAM secara keseluruhan telah mencapai 91,19 persen, yang sebenarnya telah melampaui 8,82 persen dari rencana pembangunan proyek di minggu ke-89.

Baca juga:  Perkuat Kinerja Kemenko Marves, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi adakan Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja 2020

Rakor yang juga dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang Budi Prakosa mengharapkan agar PSN SPAM Semarang Barat dapat selesai tepat waktu sehingga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, yakni Kecamatan Semarang Barat, Kecamatan Tugu, dan Kecamatan Ngaliyan yang terdiri dari 31 kelurahan.

Ketika melakukan kunjungan ke Resevoir Bambankerep, Kemenko Marves didampingi oleh Direktur Utama PT Air Semarang Barat sebagai pihak swasta yang menjadi investor dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur SPAM. Sebagai informasi, Reservoir Bambankerep merupakan reservoir induk dengan kapasitas 6.600 m3 yang akan menyalurkan ke tiga subreservoir, yaitu Reservoir Desel, Manyaran 1, dan Manyaran 2.

Ika selaku perwakilan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan mendukung proyek SPAM ini melalui pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) dengan alokasi biaya sebesar Rp227 miliar dan alokasi anggaran tahun pertama sebesar Rp65 miliar yang sedang berproses izin multi-years contract (MYC).

Baca juga:  Kemenko Maritim Mengawal Implementasi Kurikulum Kemaritiman

Menutup kunjungan, Asdep Rahman mengungkapkan optimismenya terhadap proyek SPAM di Semarang Barat. “Dengan progress yang lebih cepat dari target rencana, kami kami yakin SPAM Semarang Barat dapat mulai beroperasi pada bulan Mei 2021,” ucap Asdep Rahman.

Dengan memanfaatkan sumber air baku dari Bendungan Jatibarang, nantinya 60 ribu rumah akan terlayani dengan air bersih, dan juga mencegah penggunaan air tanah di Kota Semarang yang mengakibatkan penurunan permukaan tanah.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel