Berita DeputiDeputi 3

Kemenko Marves Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar melalui Proyek Pelabuhan Perikanan On Shore di Pekalongan

Dibaca: 20 Oleh Jumat, 19 Maret 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar melalui Proyek Pelabuhan Perikanan On Shore di Pekalongan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-177/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA) Rahman Hidayat melakukan tinjauan untuk mengembangkan infrastruktur perkotaan yang bebas banjir/rob dan rencana pembangunan pelabuhan on shore di Kota Pekalongan pada Selasa (16-03-2021).

Perlu diketahui bahwa pembangunan pelabuhan perikanan (PP) on shore merupakan rencana kegiatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Lain hal dengan penanganan pengamanan pesisir rob, dan banjir di Kota Pekalongan termasuk dalam Major Project RPJMN Tahun 2020-2024, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 dan Perpres Nomor 79 Tahun 2019 yang merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelum meninjau lokasi pengembangan infrastruktur perkotaan dan rencana PP on shore, Asdep Rahman telah melakukan pertemuan dengan Walikota Pekalongan H. A. Afzan Arslan Djunaid di Balaikota.

Dalam pertemuan tersebut, Asdep Rahman mengungkapkan alasan kedatangannya ke Kota Pekalongan, yaitu untuk memastikan infrastruktur dasar rencana pembangunan PP on shore.  “Sebelum pelabuhan ini dibangun, kita ingin pastikan akses dan infrastruktur dasar itu ada, terutama akses jalan dan ketersediaan air bersih,” jelasnya. Melanjutkan, Asdep Rahman menegaskan bahwa meskipun ini menjadi kewenangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tetapi koordinasi dan sinkronisasi program antara kedua K/L menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Baca juga:  Percepatan Pembentukan Ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, Kemenko Marves Tinjau Kesiapan Produsen Kendaraan Listrik Gesits

Sepakat dengan hal tersebut, Walikota Pekalongan H. A. Afzan  dan pemerintah kota akan terus melakukan koordinasi dengan kementerian terkait agar pembangunan pelabuhan on shore dan infrastruktur dasar yang terkoneksi dapat segera terealisasi. “Kami sudah siapkan lahan dan melakukan survei untuk mendukung pembangunan. Mudah mudahan tahun ini dapat segera digarap,” pungkasnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel