BeritaPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Kemenko Marves Gandeng Kemenko PMK Perkuat Sinergi Program Bersama

Dibaca: 112 Oleh Sabtu, 28 November 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Gandeng Kemenko PMK Perkuat Sinergi Program Bersama
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bandung, Untuk memperkuat sinergi antara Sekretariat Kementerian Koordinator, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Biro Perencanaan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Kementerian Koordinator. Rapat yang dilaksanakan di Bandung tanggal 28-29 November 2020 itu bertajuk “Sinergisitas Kemenko Mendukung Indonesia Maju”.

Rakor lintas Kementerian Koordinator ini diinisiasi oleh dua instansi, yaitu Kemenko Marves dan Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia).

Dalam sambutannya Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono berharap rapat koordinasi ini akan lebih mempererat tali kerja sama, melahirkan gagasan-gagasan dalam penanganan pelaksanaan program dan kegiatan, memberikan tambahan wawasan untuk peningkatan fungsi pelayanan di kesekretariatan, dan juga tentu penguatan fungsi sinkronisasi, koordinasi, dan pengendalian program pembangunan.

“Melalui rapat koordinasi seperti ini, maka kita dapat bertukar informasi, pengalaman dan tips dalam pengelolaan kegiatan yang dikelola bersama,” ujar Sesmenko Agung. Dengan menggelar pertemuan tersebut, dia berharap personil kedua kementerian akan lebih saling mengenal baik secara tugas dan fungsi jabatan maupun juga sebagai pribadi. “Dengan lebih mengenal satu sama lain, maka akan tercipta sinergi yang positif antarkemenko dalam membangun indonesia dimasa mendatang,”  Sesmenko Agung menambahkan.

Baca juga:  Kemenko Maritim Melepas Peserta ENJ 2017 Dari UIN Syarif Hidayatullah

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri (SAM)  Bidang Sosio-Antropologi Tukul Rameyo  juga menambahkan mengenai RPJMN 2020-2024 yang telah menjadi kesepakatan antarkemenko untuk lebih mempererat pelaksanaan berbagai program yang ada.

“Dalam hal ini, RPJMN mengutamakan tentang banyak hal salah satunya adalah pembangunan berkelanjutan, diharapkan Kementerian Koordinator yang ada bisa terus bersinergi untuk mengawal target capaian yang ada di RPJMN, seperti program pengembangan budaya bahari dan literasi maritim, dan gerakan cinta laut,” tambah SAM Rameyo.

Lebih lanjut Kepala Biro Perencanaan Arif Rahman menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi dua Kemenko ini merupakan langkah untuk mempererat jejaring kerja melalui pertukaran data, informasi dan pengalaman dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kerja antarkemenko.

“Dengan rapat koordinasi ini kita berharap akan mempererat sinergi yang lebih kuat di antara Sekretariat Kemenko Marves dan Kemenko PMK dengan memberikan andil yang lebih nyata dalam dukungan mencapai cita-cita Indonesia maju,” lanjut Karoren Arif.

Pada Rakor ini, Sesmenko PMK yang diwakili oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Iwan Eka Setiawan menyambut baik pertemuan ini. “Kita sudah ada enam program prioritas nasional yang dikerjakan bersama dan saya harap koordinasi ini akan semakin erat,” ujarnya. Keenam program prioritas nasional tersebut antara lain program penguatan ketahanan ekonomi, program pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, peningkatan SDM berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, penguatan infrastruktur, pembangunan lingkungan hidup dan peningkatan ketahanan bencana.

Baca juga:  Menko Marves Pimpin Rapim Lingkup Kemenko Marves

Lebih jauh, Karoren Iwan juga memberikan berbagai informasi mengenai berbagai proyek-proyek utama di bawah koordinasi Kemenko PMK yang dikawal bersama dengan Kemenko Marves, seperti pendidikan dan pelatihan vokasi 4.0, pemulihan pasca bencana (Lombok, Palu, dan wilayah sekitarnya).

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel