HeadlineBerita

Kemenko Marves Gelar Rakor Evaluasi RB, SAKIP dan ZI Guna Tingkatkan Capaian Kerja 2022

Dibaca: 117 Oleh Jumat, 18 Februari 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 02 17 at 17.32.51
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bekasi, Dalam rangka melaksanakan evaluasi Reformasi Birokasi (RB), Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan hasil penilaian Zona Intergritas (ZI) Tahun 2021. Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi menggelar Rapat Koordinasi yang dilaksanakan secara daring dan luring pada Kamis-Sabtu, 17-19 Februari 2022.

Membuka Rapat Koordinasi, Sesmenko Marves Ayodhia G.L. Kalake menyampaikan bahwa Tahun 2022, Kemenko Marves akan terus menargetkan penambahan unit kerja zona integritas yang memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Harapan kami dan harapan bersama kementerian koordinator lainnya, hari ini dapat mendengarkan masukan dan saran dari Kementerian PANRB sehingga menjadi pedoman kami dalam pecepatan pelaksanaan agenda Reformasi Birokrasi Tahun 2024 bisa mencapai hasil yang maksimal,” jelas Sesmenko Marves.

Sesmenko Marves juga menjelaskan perkembangan pelaksanaan RB di Kemenko Marves pada Tahun 2020, Kemenko Marves telah memperoleh Indeks RB sebesar 75,18 (BB). Pada Tahun 2020 dan 2021, secara berturut-turut Kemenko Marves telah mendapatkan 2 Unit Kerja Eselon I Zona Integritas yang berpredikat WBK.

Baca juga:  Kembangkan Wisata Medis, Pemerintah Canangkan Pembentukan Indonesia Health Tourism Board

Hasil dari pelaksanaan evaluasi dan rekomendasi perbaikan pelaksanaan RB Kemenko Marves Tahun 2021, hasil evaluasi SAKIP, dan hasil evaluasi Zona Integritas akan menjadi pedoman dalam penyusunan rencana kerja RB pada tahun 2022.

Sesmenko Marves menyampaikan harapannya kepada Kementerian PANRB untuk dapat terus memberikan dorongan dan dukungan untuk meningkatkan pengelolaan RB menuju world class government di tahun 2024.

Kepala Biro Hukum Kemenko Marves, Budi Purwanto menyampaikan bahwa pertemuan ini mengundang juga pejabat Eselon II yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan RB, SAKIP, dan ZI, agar bersama-sama dengan ketiga kementerian koordinator yang lain dapat bertukar informasi dan pengalaman serta mendapatkan masukan dari narasumber.

“Dari berbagai informasi hasil evaluasi pelaksanaan RB, Implementasi SAKIP, dan Pembangunan ZI, kita harus terus berkomitmen mulai seluruh pimpinan dan pegawai agar terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan aparatur berintergritas tinggi, proaktif, inovatif dalam melayani untuk meningkatkan kepercayaan publik,” jelas Karo Budi.

Karo Budi menjelaskan, bahwa setelah pertemuan pada hari ini, akan dibagi kelompok sesuai dengan pokja RB, untuk kemudian mendiskusikan dan menyusun rencana kerja untuk dilaksanakan tahun 2022.

Baca juga:  Kerja Bersama, Percepatan Kemudahan Berusaha di Indonesia Makin Diakui di Dunia

Selanjutnya, setelah rencana kerja disusun para perwakilan pokja akan memaparkan hasil rencana kerja untuk didiskusikan dan disepakati bersama.

“Hasil evaluasi RB tahun 2021 akan kita gunakan sebagai bahan implementasi RB tahun 2022 agar capaiannya terus meningkat,” pungkas Karo Budi.

Rakor ini dihadiri oleh Kepala Biro Komunikasi Kemenko Marves, Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Kemenko Perekonomian, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Kemenko PMK, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Kemenko Polhukam, perwakilan pokja RB dan ZI di level kementerian dan di level unit kerja eselon I Kemenko Marves dan narasumber dari Kementerian PANRB.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

No.SP-58/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2022

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel