Berita

Kemenko Marves Gelar Rakor Penajaman Rencana Kerja (Renja) dan Penyusunan RKA-K/L Tahun 2022

Dibaca: 34 Oleh Jumat, 26 Maret 2021April 1st, 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Gelar Rakor Penajaman Rencana Kerja (Renja) dan Penyusunan RKA-K/L Tahun 2022
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-198/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

 

Marves – Bandung, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Biro Perencanaan Sekretariat Kementerian Koordinator melakukan kegiatan Penajaman Rencana Kerja (Renja) tahun 2022 pada Rabu dan Kamis, 24-25 Maret 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penyesuaian dan penyelarasan Renja Level Subkomponen dengan memperhatikan RPJMN tahun 2020-2024, Reformasi Birokrasi, Major Project, Target dan IKU yang ada pada Renstra Kemenko Marves Tahun 2020-2024, serta tema dan arah RKP Tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Agung Kuswandono. Dalam sambutannya Sesmenko Agung menyatakan “Tugas Kemenko sebagai sebuah lembaga adalah Sinkronisasi, Koordinasi, dan Pengendalian (SISKODAL). Dalam menyusun Rencana tahun 2022 maupun yang dilaksanakan di tahun ini, saya ingin agar kegiatan yang dilaksanakan oleh kementerian maupun pegawai Kemenko Marves tidak terlepas dari fungsi SISKODAL dan memiliki skill, knowledge, dan atittude yang baik,” ungkapnya.

Selain itu, dalam sambutannya Sesmenko Agung mengingatkan untuk melaksanakan planning, organizing, actuating, controlling, dengan baik, sehingga di tahun 2022 nanti, kita dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tidak melupakan pekerjaan yang lama. Selain itu, penyelesaian pekerjaan yang dilakukan oleh unit kerja di Kemenko Marves harus dapat diselesaikan tepat waktu.

Baca juga:  Hadapi Sorotan Dunia Soal Deforestasi, Menko Luhut: Jangan Dikte Kami!

“Kembali saya mengingatkan kalau kita gagal dalam merencanakan sama dengan kita merencanakan kegagalan, kalau perencanaan kita baik dan kompak saya yakin di tahun 2022 nanti hasilnya akan jauh lebih baik, sehingga grafik akan terus menanjak tiap tahunnya,” ujar Sesmenko Agung.

Dalam laporannya Kepala Biro Perencanaan Arif Rahman menjelaskan “Kami telah menelaah usulan renja dari seluruh unit kerja. Setelah dianalisis terdapat kelompok kegiatan yang berkaitan secara langsung dengan RPJMN, kelompok kegiatan yang tidak terkait langsung dengan RPJMN seperti kegiatan yang dilaksanakan atas arahan Menko Marves, dan kegiatan lanjutan tahun sebelumnya.

Setiap unit kerja kedeputian juga telah mendata isu strategis yang kiranya perlu dilaksanakan di tahun 2022, serta kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan untuk mendukung isu strategi tersebut.

Pada pelaksanaan kegiatan ini turut hadir narasumber Robby Fadhilah dari Direktorat Kelautan dan Perikanan Kementerian PPN/Bappenas, serta seluruh unit kerja lingkup Kemenko Marves.

Penajaman Renja unit kerja dilakukan dengan penyusunan perencanaan yang dimulai dengan merancang tahapan pelaksanaan kegiatan, Rencana Aksi, Dokumen KAK dan RAB sampai dengan tersusunya dokumen RKA K/L Pagu Indikatif.

Baca juga:  SNI ISO 37001:2016 – Tonggak Baru Pemberantasan Korupsi Di Indonesia

Output dari kegiatan ini adalah tersusunnya Dokumen Renja Kemenko Marves yang lengkap dan baik dan siap menjadi acuan bagi unit kerja dalam melaksanakan Program dan Kegiatan di Tahun 2022.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel