FotoBerita DeputiDeputi 4

Kemenko Marves Gelar Rakor Sinkronisasi Program Lintas Kementerian/Lembaga Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Tahun 2021

Dibaca: 8 Oleh Jumat, 19 Februari 2021Februari 25th, 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Gelar Rakor Sinkronisasi Program Lintas Kementerian/Lembaga Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Tahun 2021
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-105/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2021

Marves – Bogor, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan di Bogor, sejak Rabu-Jumat (17-19-2021).

Sekretaris Deputi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan (PLK) Kemenko Marves, Dirhansyah Conbul mengatakan bahwa kegiatan ini digelar sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Deputi Bidang Koordinasi PLK untuk menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga  (K/L) yang terkait dengan isu di bidang pengelolaan lingkungan dan kehutanan guna mencapai tujuan tersebut.

Sinkronisasi program bidang lingkungan dan kehutanan ini dilaksanakan melalui pemaparan Rencana Strategis (Renstra) dan rencana kerja masing-masing K/L yang kemudian disinkronisasikan melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang lebih berkualitas dan efektif dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional. Sesuai visi dan misi Presiden yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan RKP,” kata Dirhansyah dalam Rakor ini.

Baca juga:  Menko Luhut Tinjau Persiapan Lokasi Pameran Sail Selat Karimata 2016

Dirhansyah menjelaskan hal yang  diperoleh dari kegiatan sinkronisasisi ini antara lain informasi kegiatan yang dapat diintegrasikan antar K/L di bidang PKL, dukungan oleh K/L di bawah koordinasi Kemenko Marves, permasalahan yang berpotensi menghambat pelaksanaan kegiatan di bidang PKL dan informasi awal terkait rancangan rencana kerja K/L 2022 sebagai dasar untuk perencanaan yang selaras dengan arah kebijakan pembangunan di bidang pengelolaan lingkungan dan kehutanan.

Ia menambahkan, inkronisasi program kegiatan antar K/L khususnya di bidang pengelolaan lingkungan dan kehutanan juga diharapkan mendukung pelaksanaan program Prioritas Nasional dan pencapaian target-targetnya. Dukungan Bappenas dalam memfasilitasi alokasi program dan anggaran K/L maupun Kedeputian dan Keasdepan lingkup Kemenko Marves dapat memperkuat implementasi kebijakan beserta koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan yang ada maupun pembaruannya.

“Kegiatan koordinasi ini tentunya tidak selesai dalam kegiatan ini, namun akan berlanjut dalam proses-proses selanjutnya antara kami di Kemenko Marves dengan mitra K/L kami melalui unit kerja Asdep yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan sama, Sesditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Hanif Faisol mengungkapkan bahwa kegiatan ini diperlukan untuk meningkatkan koordinasi antar K/L serta sebagai forum untuk memperoleh arahan dan dukungan dari Kemenko Marves dalam pelaksanaan kegiatan dilingkupnya.

Baca juga:  Indonesia Harus Jeli Ambil Peluang Guna Datangkan Cruise Ukuran Besar

Hal senada juga disampaikan Sesditjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari KLHK, Misran. “Kami merasa perlu hadir dalam kegiatan ini karena sebagai mitra memerlukan koordinasi dan Kemenko Marves perlu memahami kegiatan yang dilaksanakan oleh KL,” kata dia.

Pada Rakor ini ada sejumlah K/L yang hadir berbagai tingkatan, mulai pejabat eselon II atau yang mewakili dari KLHK, KKP, Kementerian PUPR, Bappenas, Kemenkeu, Kemendagri, Kementerian Desa dan PDTT, Kementerian ATR/BPN, BRGM, dan BNPB.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel