BeritaFoto

Kemenko Marves Gelar Rapat Persiapan Penyusunan RKA-KL Pagu Indikatif TA 2022 Untuk Tingkatkan Performa Struktur Anggaran

Dibaca: 55 Oleh Rabu, 21 April 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Gelar Rapat Persiapan Penyusunan RKA-KL Pagu Indikatif TA 2022 Untuk Tingkatkan Performa Struktur Anggaran
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-260/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves – Bandung, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menggelar rapat persiapan penyusunan RKA-KL pagu indikatif Tahun Anggaran 2022 untuk meningkatkan performa struktur anggaran, dilaksanakan pada pada hari Senin (20-04-2021) di Bandung.

Dalam pembukaan, Sekretaris Kemenko Marves Agung Kuswandono mengatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk menyelaraskan teknis persiapan penyusunan rencana kerja dan anggaran atas pagu indikatif Kemenko Marves tahun anggaran 2022. “Tujuan berikutnya adalah untuk melihat capaian penyusunan renstra Eselon II di tiap unit kerja, dan penyusunan struktur anggaran sesuai Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran (RSPP) yang dituangkan dalam KRO/RO sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya. Kemudian, Sesmenko Agung juga menyatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk melakukan internalisasi dan sosialisasi konsep haluan maritim oleh tim haluan maritim Kemenko Marves.

Menurut Sesmenko Agung, Penyusunan anggaran perlu dilakukan dengan ketentuan yang sudah diatur Kementerian Keuangan, seperti batasan perjalanan dinas dalam negeri, perjalanan dinas luar negeri, belanja bahan, sewa, dll, sehingga penuangan program dan anggaran dalam RKA-KL dapat sesuai dan selaras.

Baca juga:  Menko Luhut Rapat dengan Chairman Standard Charter Bank Group

Dalam Kesempatan yang sama, Kepala Biro Perencanaan Arif Rahman mengungkapkan, posisi anggaran di tahun 2021 di triwulan satu penyerapan anggaran di Kemenko Marves pada posisi 15,12 persen. Dan per 16 April posisi penyerapan anggaran naik menjadi 22,14 persen.

Kabiro Arif pun menyatakan bahwa setiap usulan program dan kegiatan harus disertai dengan dokumen yang lengkap, terukur dan terinci dalam suatu dokumen KAK, RAB beserta datu dukung lainnya. Sebagai contoh adalah usulan pelaksanaan kegiatan AIS Forum (Archipelagic and Island State Forum) yang harus menyertakan dokumen pendukung yang kuat dan lengkap apabila akan kembali diusulkan penganggarannya di tahun 2022.

Berkaitan dengan renstra, dia menambahkan, Kemenko Marves harus bekerja keras agar dapat mencapai kinerja lebih baik pada tahun 2021. “Maka semua dokumen-dokumen harus disiapkan oleh setiap unit eselon 2, dan penyiapan renstra ini sebagai amanat dan tertuang dalam Permenko No 1 Tahun 2021. Selain itu, Renstra merupakan salah satu dari 5 komponen SAKIP khususnya dalam perencanaan kinerja,” tegasnya.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Bandara Kertajati di Kantor Maritim

Dalam kesempatan itu, hadir pula Inspektur Kemenko Marves Ajum Muhtar. Dia menyampaikan tentang Perdirjen DJA Nomor 5 Tahun 2020. “Membahas perdirjen nomor 5 ini cukup banyak membawa perubahan yang signifikan dalam desain anggaran dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini bisa jadi sebagai langkah penyesuaian atas penyederhanaan birokrasi seperti penghilangan struktur eselon III yang berubah menjadi fungsional, yang selama kita mengkaitkan RKAL sampai ke eselon III nanti selanjutnya sudah berubah,” ujarnya.

Menurut Ajum, penanggung jawab program adalah pejabat eselon I dan penanggung jawab kegiatan adalah eselon II. “Sehingga nantinya pengganti eselon III yaitu pejabat fungsional punya anggaran masing – masing,” jelasnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel