Siaran PersBerita

Kemenko Marves Gelar Tes SKD CPNS 2020

Dibaca: 420 Oleh Rabu, 12 Februari 2020Juni 18th, 2020Tidak ada komentar
Auto Draft
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

(SP-32/HUM/ROKOM/MARVES/VI/2020)

 

Marves – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengadakan pelaksanaan Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) kepada para peserta bakal Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenko Marves di Jakarta. Tes yang diikuti oleh sekitar 690 peserta ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Selasa-Rabu (11-12 Februari 2020).

“Tujuannya seleksi ini adalah mendapatkan calon-calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang kualifikasinya sesuai dengan yang kita harapkan” jelas Kepala Biro (Karo) Umum, Tito Setiawan.

Karo Umum yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pelaksana rangkaian tes CPNS Kemenko Marves tersebut kemudian menuturkan bahwa pihaknya mengharapkan bisa mendapatkan CPNS yang berkualitas dan memiliki integritas yang tinggi.

“Kita sudah siapkan semuanya, termasuk untuk kegiatan yang berhubungan dengan kerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini, untuk yang regional 5 ya yang di Ciracas, ” jelas Pelaksana Tugas Kepala Bagian (Plt. Kabag) Kepegawaian Kemenko Marves, Hardino.

Plt. Kabag Kepegawaian menjelaskan pihaknya telah melaksanakan survei lokasi sebelum pelaksanaan tes dan telah berkoordinasi dengan Kepala BKN Ciracas yang digunakan sebagai lokasi pelaksanaan tes.

Baca juga:  Menko Rizal: Sail Karimata Harus Memberikan Warna Baru Pariwisata

“Tapi tadi saya melihat, keliling juga di sini, fasilitas di sini cukup memadai, ruangan tesnya juga saya kira cukup nyaman untuk para peserta tes mengukuti tes” ungkap Karo Umum terhadap fasilitas lokasi ujian di BKN Ciracas, Jakarta Timur.

Terkait dengan perbandingan jumlah peserta, Plt. Kabag Kepegawaian menjelaskan,
“Tahun lalu lebih banyak, terutama yang tahun lalu kan pelaksanaannya di Gelanggang Olahraga (GOR), jumlahnya ada ribuan peserta. Sekarang ini ada 670 orang jadi lebih simpel,” katanya.

“Syarat yang tahun ini adalah permintaan pimpinan, karena untuk menyeleksi ini supaya lebih bagus lagi hasilnya. Memang yang diminta pimpinan itu agar kualitasnya lebih tinggi dari tahun sebelumnya” terang Plt. Kabag Kepegawaian mengenai syarat peserta CPNS.

Menanggapi pernyataan tersebut, Kepala Biro Umum pun mengamininya, “Syarat-syaratnya secara umum tidak terlalu berbeda, namun untuk tahun ini ada tambahan yaitu Tes TOEFL.” Menurut Kepala Biro Umum, penambahan syarat peserta tersebut dapat meningkatkan kualitas CPNS yang akan diterima di Kemenko Marves.

Baca juga:  Menko Luhut Kunjungi TPA Suwung

Tanggapan Peserta

“Alasan masuk Marves, karena keilmuannya lebih dekat ke Kemenko Kemaritiman dan Investasi, soalnya saya kan jurusannya oceanografi. Kemenko Marves juga cakupan kelautannya luas, bahkan sampai ke kedaulatan laut juga” ucap Irfan, peserta seleksi TKD CPNS Kemenko Marves.

Irfan kemudian menuturkan bahwa tahun 2020 adalah kali ketiga dirinya mengikuti seleksi CPNS. Namun gagal pada dua seleksi sebelumnya.

“Saya di dua tes sebelumnya passing gradenya gak masuk, sekarang percobaan ketiga alhamdulillah masuk, bisa melewati passing grade” tutur Irfan.

“Saya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, deg-degannya sama, saya berharap bisa diterima di Kemenko Marves,” harapnya.

Sejalan dengan Irfan, peserta lain yang melewati passing grade juga menaruh harapan besar agar dapat diterima di Kemenko Marves.

“Saya akan lebih serius lagi untuk tes selanjutnya” tutur Lesi Maharani, peserta dengan nilai tertinggi pada seleksi SKD hari pertama sesi ke-4.

Dirinya mengaku tidak menyangka dengan hasil tersebut.
“Perasaannya gak nyangka si, bahagia aja. Awalnya gak berharap banyak, tapi kalau hasilnya begini malah jadi semangat”, jelasnya.

Baca juga:  Latih Verifikasi Pulau, Kemenko Kemaritiman Selenggarakan Bimbingan Teknis

Biro Perencanaan dan Informasi
Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel