HeadlineBeritaFotoSiaran Pers

Kemenko Marves Gelar Webinar Bahas Peran Perempuan Wujudkan Ketahanan Pangan Pasca Covid-19

Dibaca: 74 Oleh Kamis, 25 Juni 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Gelar Webinar Bahas Peran Perempuan Wujudkan Ketahanan Pangan Pasca Covid-19
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerja sama dengan The Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) Australia, menggelar International Maritime Webinar Series III bertema Livelihood And Marine Conservation, Kamis (25-06-2020).

Kepala Bidang Pengelolaan Konservasi Perairan dan Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Deputi Bidang Sumber Daya Maritim, Kemenko Marves, Andreas A. Hutahaean selaku koordinator penyelenggara seminar virtual internasional ini dalam sambutannya mengatakan, webinar ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pemberdayaan perempuan dalam pengelolaan kawasan konservasi laut untuk menunjang kehidupan masyarakat pesisir.

“Saya harap para pembicara bisa mengelaborasi keterkaitan pembangunan berkelanjutan (SDG) dalam target ketahanan pangan, peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan perempuan dengan  pengelolaan ekosistem pesisir-laut untuk menjaga kelestarian sumber daya alam,” kata Andreas.

Perempuan Kunci Ketahanan Pangan Pasca Covid-19

Anthropologist and Advisor for ASEAN Institute for Peace and Reconciliation, Kartini Pandjaitan Sjahrir sebagai salah satu pembicara mengatakan, perempuan memiliki tanggung jawab sosial dan peran vital dalam memenuhi ketahanan pangan di dalam keluarga. Tak hanya mengurusi perkara domestik, Kartini mengatkan, perempuan memiliki keterampilan dalam menopang perekonomian keluarga.

Baca juga:  Inaugural International Flight Garuda Indonesia Singapore – Silangit

“Bisa kita bayangkan bagaimana kuatnya seorang perempuan dan peran seorang ibu. Ambil contoh perempuan yang tinggal di pinggiran pantai. Mereka berkontribusi menambah pendapatan bagi keluarganya dengan mengolah pengeringan ikan asin hingga menjual ikan-ikan segar hasil tangkapan suaminya,” kata Kartini.

Kartini mengatakan, keterampilan perempuan dalam memenuhi ketahanan pangan keluarga dan menopang perekonomian keluarga tidak diperoleh secara instan. Pengetahuan dan keterampilan itu, kata Kartini, diperoleh secara turun-temurun dari keluarga dan lingkungan.

“Perempuan belajar serta mewarisi pengetahuan dari generasi ke generasi, bagaimana cara mereka mendapatkan serta memenuhi persediaan makanan dan nutrisi yang cukup bagi suami maupun anak-anaknya,” kata Kartini.

Kartini mengatakan, ketahanan pangan adalah pilar kemakmuran Indonesia. Menurutnya, terwujudnya ketahanan pangan dapat menghindari terjadinya konflik sosial. Tanpa ketahanan pangan, tidak ada perdamaian dunia.

Karenanya, lanjut Kartini, para perempuan khususnya yang tinggal di wilayah pesisir perlu mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang adanya perubahan iklim yang turut berkontribusi pada hilangnya mata pencaharian masyarakat pesisir. Perempuan, lanjut Kartini, juga patut mendapatkan akses permodalan, kesehatan, jaring pengaman sosial dan pendidikan, guna mewujudkan ketahanan pangan di tingkat keluarga.

Baca juga:  Peluncuran Komik Seri Ketiga Si Juki Petualangan di Bromo Tengger Semeru

“Dengan memberdayakan perempuan tentu ketahanan pangan dapat dioptimalkan. Perempuan harus mendapatkan akses permodalan, kesehatan, pendidikan atau pelatihan serta jaring pengaman yang terpenuhi dengan baik,” ucap Kartini.

Webinar yang diselenggarakan Kemenko Marves ini turut menghadirkan Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aryo Hanggono, lalu Director Education of Center for Sustainable Development (SCD), Columbia University-USA Radhika Iyengar, serta Director of Marine Strategies and Partnerships for The Nature Conservancy Asia Pacific, Laura Whitford.

Plt Kepala Biro Komunikasi :(Andreas D. Patria 085776137116)
Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
————————————–
Instagram : @kemenkomarves
Twitter : @kemenkomarves
Facebook : Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel