Berita

Kemenko Marves Inisiasi Koordinasi Pelatihan dan Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Magelang

Dibaca: 52 Oleh Senin, 24 Mei 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Inisiasi Koordinasi Pelatihan dan Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kota Magelang
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Magelang, “Pembangunan dan perbaikan ekonomi nasional dapat diwujudkan melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi basis penggerak utama dalam kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelas Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo R.M. Manuhutu dalam acara Koordinasi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif di Ruang Rapat Bina Karya Kantor Bupati Magelang pada Rabu (19-05-2021).

Deputi Odo menyambung, pada era digitalisasi seperti sekarang ini perlu adanya pelatihan terhadap para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif dan hal tersebut merupakan salah satu program yang sedang dijalankan melalui koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Staf Ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bupati Magelang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dispendag dan UMKM Kabupaten Magelang, serta perwakilan dari platform e-commerce Tokopedia.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rakor Persiapan Presentasi Pemri di Hadapan Komisi Batas Landas Kontinen PBB dan Persiapan Intergovermental Conference (IGC)

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Adi Waryanto menyatakan kegembiraannya karena ada suatu perhatian besar kepada Kabupaten Magelang khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pada sebuah tatanan ekonomi kreatif dengan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan guna mencapai kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Magelang.

Era digitalisasi ini membuka peluang baru yang tidak terbatas di segala bidang, salah satunya di bidang wirausaha, dimana dengan adanya peluang digitalisasi ini akan membuka akses pemasaran baru dan pelanggan baru, sehingga perlu adanya intervensi dalam rangka meningkatkan keterampilan bagi pelaku UMKM secara komprehensif sesuai kebutuhan pelaku usaha melalui media digital.

Staf Ahli Menteri Hubungan Antar Lembaga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Rini Handayani mengatakan bahwa program penguatan UMKM perempuan tidak boleh lepas dari dua aspek penting yakni digitalisasi dan otomatisasi.

“Penggunaan teknologi digital dan otomatisasi telah memberikan tambahan keuntungan sebesar 41 persen bagi UMKM formal dan 40 persen bagi UMKM Informal. Saat ini perempuan pelaku UMKM membutuhkan beragam pelatihan yang mencakup pemasaran, peningkatan produksi, dan lain sebagainya,” ujar Staf Ahli Rini. Oleh karena itu, dia mengaku sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Kedeputian Koordinasi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves terkait inisiasi koordinasi pelatihan pengembangan SDM pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Magelang.

Baca juga:  Pembukaan Wisata Bali Tahap 3, Pemerintah Tetap Berhati-hati dan Melihat Perkembangan Dinamika

Lebih jauh, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Magelang Basirul Hakim mengemukakan strategi peningkatan kualitas SDM dan penguatan kapasitas kelembagaan, dilaksanakan melalui kebijakan meningkatkan kualitas SDM dan penguatan kapasitas kelembagaan koperasi dan UMKM.

“Juga perlu adanya peningkatan akses sistem pendukung usaha yang dilaksanakan melalui kebijakan meningkatkan akses sistem pendukung usaha koperasi dan UMKM,” sambungnya.

Acara pelatihan ini turut menggandeng e-commerce Tokopedia sebagai salah satu mitra. Public Policy and Government Lead Tokopedia Muhammad Hakim menyatakan bahwa sistem daring bukan mengantikan sistem luring, tetapi berperan sebagai pelengkap.

“Pemulihan UMKM merupakan salah satu program dari Tokopedia dan setiap bulan ada dilakukan festival kreasi UMKM +62 dan ini sangat diminati. Komitmen Tokopedia adalah untuk membantu penjualan dan pada sesi pelatihan yang dilaksanakan semua UMKM yang hadir langsung bisa buka toko di Tokopedia,” jelasnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel