Berita DeputiFotoDeputi 1

Kemenko Marves Kawal Penguatan Potensi Wilayah Pesisir Kabupaten Sukabumi Dalam Rangka Pengembangan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan

Dibaca: 198 Oleh Selasa, 22 September 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Kawal Penguatan Potensi Wilayah Pesisir Kabupaten Sukabumi Dalam Rangka Pengembangan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Bogor, Dukung penguatan potensi berbagai sektor di Wilayah Pesisir Sukabumi, khususnya Kecamatan Ciracap dan Surade, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah daerah di Bogor pada Selasa, (22-09-2020). Wilayah ini merupakan kawasan yang masuk dalam rencana pengembangan Jawa Barat bagian selatan.

“Begitu banyak potensi yang sudah terdeteksi di wilayah pesisir Ciracap dan Surade sehingga daerah ini memerlukan pengembangan terpadu dari Pemerintah,” ungkap Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi DR.Ishak Manafe saat memimpin rapat.

Setelah sebelumnya dilakukan dua kali kunjungan ke kawasan Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi, menurutnya, dapat disimpulkan bahwa kawasan Kabupaten Sukabumi memiliki berbagai potensi yang unggul dari berbagai sektor. “Kawasan ini punya berbagai potensi mulai dari Agrobisnis, Energi, dan Pariwisata. Tetapi, ditemukan pula beberapa kendala dan hambatan di sekitar wilayah tersebut,” ungkap Ishak.

Hambatan utama pengembangan wilayah ini adalah tidak memadainya infrastruktur, suplai listrik yang kurang, ketidakjelasan hak kepemilikan dan pengelolaan lahan serta kurangnya perhatian Pemerintah Provinsi dan Daerah.

Baca juga:  DWP Kemenko Maritim Rapat Bersama 4 Kementerian di bawah koordinasinya

Untuk itu, kemenko Marves mengambil langkah untuk menindaklanjuti potensi sekaligus kendala tersebut dengan membuka rapat kordinasi ini demi perkembangan potensi wilayah terkait.

Dalam rakor ini, hadir para perwakilan dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, yaitu Kepala BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, Kepala BAPPEDA Kabupaten Sukabumi, Camat Ciracap dan Camat Surade yang masing-masing didampingi empat Kades-nya, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Sukabumi, serta Koordinator Balawisata Pantai Selatan.

“Untuk lebih mematangkan rencana ini maka selanjutnya kami akan mendiskusikan hal ini secara lebih rinci dengan K/L teknis terkait. Dan saya harap, rakor ini dapat menjadi wadah bagi Pemerintah Daerah dan Provinsi untuk berdiskusi terkait banyaknya potensi yang dapat terus dikembangkan. Kemenko Marves akan terus mengawal perkembangan pembangunan dari berbagai potensi ini,”  tutup Sesdep Ishak.

 

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel