BeritaBerita DeputiDeputi 5Siaran Pers

Kemenko Marves Kawal UMKM Beradaptasi dengan Digitalisasi

Dibaca: 96 Oleh Jumat, 29 Oktober 2021November 18th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 11 18 at 11.44.56 AM
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-738/HUM/ROKOM/SET.MARVES/XI/2021

Marves, Sulawesi Tenggara — Demi memperkuat daya saing UMKM Kota Baubau, Kendari, dan Wakatobi Sulawesi Tenggara, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan pelatihan Pemasaran Digital bertajuk National Support for Local Investment Climate (NSLIC) pada 25-29 Oktober 2021. Pelatihan ini turut diselenggarakan bersama KADIN Indonesia, dan DANA Indonesia yang memberikan training pemasaran digital bagi hampir 90 UMKM dan Koperasi lokal yang ada.

“Sulawesi Tenggara memiliki beragam destinasi pariwisata dan kuliner yang beragam. Potensi ini tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, terlebih jika memiliki berbagai skill yang berguna dalam mengelolanya,” ungkap Agnes Wirdayanti, selaku Kepala Bidang Pendidikan, Riset Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada pelatihan ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memasarkan produknya secara online sehingga mendapatkan akses pasar yang lebih luas.

Menurutnya, Covid-19 menjadi salah satu permasalahan yang cukup kompleks bagi para UMKM dan IKM di Indonesia. Selain itu, minimnya literasi keuangan dan digital juga mengurangi permintaan produk dan jasa yang ditawarkan terlepas dari kontrol kualitas dan perlunya peningkatan promosi dari merk lokal.

Baca juga:  Menko Luhut menjadi keynote speaker dalam Rakor II Penanganan Sampah Padat di Kawasan Regional, Perkotaan, dan Destinasi Pariwisata di Banjarmasin

“Jika UMKM dapat mengoptimalisasikan sektor digital yang ada, dampak positif tentunya dapat dirasakan oleh semua pihak bahkan berdampak langsung pada PDB,” lanjut Kabid Agnes. Digitalisasi pun kini telah menjadi bagian dari strategi utama pengembangan kepariwisataan. Selain kolaborasi aktif seluruh pihak terkait, pemanfaatan dana desa juga menjadi bagian penting dari strategi yang ada.

Dalam mengembangkan desa wisata misalnya, diperlukan pengembangan yang terintegrasi dan kolaboratif demi memaksimalkan proses yang ada, “Menggunakan model pentahelix, unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media harus bersatu padu untuk meningkatkan potensi desa pariwisata tersebut,” imbuhnya.

“Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha/investor, dan akademisi akan sangat efektif dalam mendukung peningkatan usaha UMKM dan Koperasi dapat meningkatkan kapasitas bagi UMKM dan Koperasi,” ungkap Ferry Yuniver, Deputy Project Director NSLIC.

Dalam pelatihan, tiap UMKM mendapatkan masukan langsung dari berbagai narasumber seperti Ketua Komite Tetap Bidang Advokasi Kewirausahaan KADIN Indonesia, Chrisma Albandjar, Ketua Komite Tetap Bidang Investasi UMKM KADIN Indonesia, Eka Sari Lorena Surbakti, Ketua Komite Tetap Bidang Ekspor UMKM serta pelaku Fintech, Shanti Ramchand Shamdasani, Head of Government Relation DANA Indonesia, Felix Syarif, serta Kepala Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Parekraf Kemenko Marves, Flora Sumiati.

Baca juga:  Hadiri HUT Ke-597 Sangihe, Asdep Djoko Saksikan Upacara Adat Tulude

Tidak hanya mendapatkan materi, para pelaku UMKM pun diajak mempraktekan langsung digitalisasi pemasaran yang ada dan melakukan kurasi produk UMKM mereka. Selanjutnya, tiap-tiap pemangku kepentingan ini kedepannya akan memberikan pendampingan terhadap produk UMKM di Kota Baubau, Kota Kendari, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana, dan Kabupaten Wakatobi.

Akan dilakukan pula Kesepakatan Bersama MoU antara Pemerintah Daerah dengan DANA Indonesia untuk pendampingan digitalisasi UMKM. Diharapkan, UMKM yang ada di Sulawesi Tenggara terus mengembangkan usahanya dan mampu beradaptasi dengan baik di era digital saat ini.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel