BeritaFoto

Kemenko Marves, KLHK dan PRAISE Kolaborasi Dukung Pencegahan Penyebaran Covid-19

Dibaca: 200 Oleh Rabu, 29 April 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves, KLHK dan PRAISE Kolaborasi Dukung Pencegahan Penyebaran Covid-19
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves-Jakarta, Guna meminimalkan penyebaran Covid-19, serta membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkolaborasi dengan PRAISE dan didukung oleh Human Initiative, memberikan bantuan kepada masyarakat di Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (29/4/2020). Bantuan yang diberikan antara lain 1 unit fasilitas cuci tangan portable, hand sanitizer, sabun, serta produk makanan dan minuman.

Penyerahan bantuan secara simbolis disampaikan oleh Sekretaris Kemenko Marves, Agung Kuswandono didampingi oleh Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Nani Hendiarti dan Ketua Umum PRAISE, Karyanto. Bantuan diterima langsung oleh Lurah Kampung Bali, Etik Kusmiati. Penyerahan dilaksanakan di Kantor Kemenko Marves ini, sekaligus menandai langkah awal atau kick off untuk penyampaian bantuan di 9 lokasi lainnya di sekitar Jabodetabek yang akan didistribusikan melalui dukungan Human Initiative.

Dalam sambutannya Sesmenko Agung sangat mengapresiasi kolaborasi yang baik antara pemerintah dan pihak swasta, yang diwakili oleh PRAISE dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga:  Menko Luhut : Semangat Persatuan dan Kasih Sayang Masih Ada Dalam Diri Kita

“Dalam menghadapi situasi saat ini memang semua pihak harus saling membantu dan berkolaborasi agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Tentunya bantuan yang diberikan kepada masyarakat di harapkan dapat memberikan rasa semangat untuk tetap sehat dan tetap berada dirumah selama pandemi,” ujarnya.

Kemudian, Plt. Deputi Nani menjelaskan bahwa, penerapan pola hidup bersih dan sehat yang selama ini digaungkan melalui Gerakan Indonesia Bersih sangat relevan untuk dilaksanakan oleh masyarakat saat ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah dan menerapkan pola hidup yang bersih, salah satunya dengan cuci tangan sesering mungkin.

“Semoga bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat di 10 lokasi yang termasuk zona merah di sekitar Jabodetabek ini dapat membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 serta membantu masyarakat untuk dapat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Sedangkan Ketum PRAISE Karyanto Wibowo mengatakan, pihaknya menyadari pentingnya semua pihak untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dalam menekan penyebaran Covid- 19 di Indonesia. Dan langkah pencegahan sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan gerakan cuci tangan pakai sabun.

Baca juga:  Rizal Ramli, Keras dalam Kebijakan, Lembut Terhadap Sesama

“Kami bekerjasama dengan Kemenko marves dan KLHK memberikan fasilitas cuci tangan di beberapa tempat umum di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, kami juga membagikan produk makanan dan minuman serta kebutuhan rumah tangga lainnya sebagai wujud kepedulian PRAISE terhadap masyarakat terdampak dari pandemi ini,” ujarnya.

Kolaborasi antara Kemenko Marves, KLHK dan PRAISE merupakan bagian dari implementasi Program Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang selama ini dikoordinasikan oleh Kemenko Marves. Sebagaimana diketahui bahwa penerapan pola hidup bersih dan sehat merupakan salah satu cara ampuh untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Secara khusus, kolaborasi GIB dalam mendukung penanggulangan Covid-19 bertujuan untuk, pertama ialah mengedukasi masyarakat tentang bagaimana mereka dapat mendukung aksi untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kedua, menyediakan fasilitas cuci tangan untuk warga mengingat bahwa menjaga kebersihan tangan adalah salah satu tindakan paling efektif untuk mengurangi penyebaran Covid-19 . Dan terakhir, memberikan bantuan berupa makanan bergizi dan minuman bagi warga terdampak situasi pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, PRAISE (Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment/Asosiasi Untuk Kemasan & Daur Ulang Bagi Indonesia yang Berkelanjutan) merupakan asosiasi untuk kemasan dan daur ulang bagi Indonesia berkelanjutan. PRAISE diluncurkan pada tahun 2010 untuk mengokohkan komitmen dalam mendorong terciptanya pengelolaan sampah kemasan di Indonesia yang holistik, terintegrasi dan berkesinambungan. PRAISE didirikan oleh Coca-Cola Indonesia, Danone Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk., PT Nestle Indonesia, Tetra Pak Indonesia, dan PT Unilever Indonesia Tbk.

Baca juga:  Menko Luhut Menerima President Asia-PasificAirbus di Kantor Maritim

Biro Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel