Berita DeputiFotoDeputi 3

Kemenko Marves Koordinasikan Integrasi Infrastruktur Pengamanan Pesisir Pantura dan Revitalisasi PPI Gebang Mekar Kabupaten Cirebon

Dibaca: 35 Oleh Jumat, 5 Februari 2021Februari 23rd, 2021Tidak ada komentar
Kemenko Marves Koordinasikan Integrasi Infrastruktur Pengamanan Pesisir Pantura dan Revitalisasi PPI Gebang Mekar Kabupaten Cirebon
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 
No.SP-63/HUM/ROKOM /SET.MARVES/II/2021

Marves – Jakarta, Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rahman Hidayat menyatakan bahwa rencana penanganan banjir dan rob pesisir Pantai Utara Pulau Jawa sesuai Major Project RPJMN 2020-2024 di Kabupaten Cirebon, khususnya di muara Sungai Ciberes Desa Gebang Mekar akan diintegrasikan dengan revitalisasi/pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI)  Gebang Mekar. Poin ini menjadi catatan yang disepakati dalam Rapat Koordinasi Teknis mengenai hasil temuan kunjungan lapangan Kemenko Marves di PPI Gebang pada Kamis (04-02-2021) secara daring.

Rapat koordinasi teknis ini juga dihadiri oleh Ketua Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri. Diketahui Rokhmin juga merupakan perwakilan masyarakat asli Desa Gebang Mekar. Ia menyatakan bahwa tanah kelahirannya tersebut merupakan tempat bagi nelayan terpadat di Indonesia, bahkan di dunia. Pasalnya, terdapat sekitar 4.200 kapal nelayan di satu desa. Rokhmin menyarankan agar penyelesaian permasalahan dilakukan secara terintegrasi hingga ke akar masalah dan untuk jangka panjang. Rencana penanganan banjir rob dan pengamanan pesisir dapat dilakukan dengan memperdalam alur Sungai Ciberes dan memelihara daerah sepadan Sungai Ciberes agar laju erosi tidak terus meningkat. Salah satu cara mengurangi laju erosi di sempadan sungai adalah dengan membangun dinding penahan tanah pada sempadan sungai.

Baca juga:  Indonesia Membuka Peluang Investasi Bagi Para Investor Dunia

Selain dengan melakukan pembangunan infrastruktur pantai, upaya penguatan kapasitas nelayan juga penting dilakukan, diantaranya dengan melakukan penyuluhan kepada nelayan. Nantinya, setelah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Gebang Mekar direvitalisasi, nelayan dengan kapal-kapal di atas 5 gross tonnage (GT) diharapkan dapat bersandar pada kolam labuh, termasuk kapal-kapal kecil milik nelayan agar tidak lagi di pinggiran aliran Sungai Ciberes.

Dalam simpulannya, Asdep Rahman meminta pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk–Cisanggarung untuk mempertimbangkan usulan pembangunan tanggul dan dinding penahan tanah pada sempadan Sungai Ciberes sebagai upaya awal mengurangi laju erosi dan menanggulangi rob yang terjadi. Pembangunan tanggul dapat menggunakan teknik vertical sheet pile atau metode konstruksi lainnya yang sesuai.

Lebih lanjut, Asdep Rahman mengingatkan agar dilakukan pengkajian ulang master plan rencana pembangunan PPI Gebang Mekar terlebih dahulu sebelum proses revitalisasi PPI dilakukan, “Review master plan ini merupakan langkah awal dan terpenting yang harus dilakukan” tegas Rahman. Ia juga mengungkapkan bahwa proses pengkajian ulang ini dapat dibantu oleh Pusat Riset Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan/atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Dia meminta agar Dinas Kelautan dan Perikanan, Jawa Barat dapat berpartisipasi aktif.

Baca juga:  Menko Luhut Rapat dengan MenESDM dan SKK Migas Mengenai Blok Rokan

Sebelumnya, Kemenko Marves, telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cirebon untuk meninjau kawasan pesisir Gebang Mekar untuk menemukan masalah, serta mengumpulkan data dan informasi secara langsung pada Selasa (02-02-2021). Selain itu, dilakukan pula kunjungan ke Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon dalam rangka Koordinasi Rencana Kerja Sama dan Dukungan Deputi Infrastruktur dan Transportasi dengan UNU.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel