FotoDeputi 3Siaran Pers

Kemenko Marves Lakukan Monitoring dan Koordinasi PSN Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo dan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen

Dibaca: 59 Oleh Jumat, 22 Oktober 2021Oktober 27th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 10 27 at 09.49.42
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-660/HUM/ROKOM/SET.MARVES/X/2021

Marves, Jakarta – Dalam rangka monitoring percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo dan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, maka pada Jumat (22-10-2021), Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA), Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melakukan kunjungan lapangan. Kunjungan tersebut dihadiri oleh Asdep IDPSDA Rahman Hidayat bersama jajarannya serta perwakilan PT Jogjasolo Marga Makmur dan perwakilan PT Jasamarga Jogja Bawen.

“Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk koordinasi kami,” ungkap Asdep Rahman mengawali kegiatan. Sebagai Kementerian Koordinator, Kemenko Marves bertugas untuk memantau perkembangan proyek, termasuk terkait PSN. Kali ini, PSN yang dikunjungi adalah kedua jalan tol yang menjadi penyambung wilayah Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejak awal 2021, pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo sepanjang 96,57 kilometer mulai dibangun dan ditargetkan selesai pada Tahun 2024. Jalan tol ini diharapkan mampu memperlancar konektivitas, mengurangi kepadatan lalu lintas, dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebagai informasi, nantinya tol ini juga akan terhubung dengan Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Solo.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Menko Maritim ke Negara Kamboja

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo terdiri atas tiga seksi. Seksi I menghubungkan Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,37 kilometer, Seksi II menghubungkan Purwomartani-Gamping (Sleman-Yogyakarta) sepanjang 23,43 kilometer, dan Seksi III menghubungkan Gamping-Purworejo (Jawa Tengah) sepanjang 30,77 kilometer. Pekerjaan dimulai dari seksi I Paket 1.1 Kartosuro-Klaten (Jawa Tengah) yang saat ini dalam proses pembebasan lahan sebesar 49,8 persen dan pekerjaan fisik dengan progress 6,9 persen per 21 Oktober 2021.

Selanjutnya, Asdep IDPSDA juga meninjau Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, salah satu tol yang akan dibangun di tahun 2022. Tol yang akan dibangun sepanjang 75,82 kilometer ini masih dalam proses pembebasan lahan. Jalan tol ini memberikan akses menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta–Bawen terdiri atas enam seksi, yaitu :
1. Seksi 1 menghubungkan Yogyakarta-Simpang Susun Banyurejo sepanjang 8,80 kilometer,
2. Seksi 2 menghubungkan Simpang Susun Banyurejo-Simpang Susun Borobudur sepanjang 15,20 kilometer,
3. Seksi 3 menghubungkan Simpang Susun Borobudur-Simpang Susun Magelang sepanjang 8,10 kilometer,
4. Seksi 4 menghubungkan Simpang Susun Magelang- Simpang Susun Temanggung sepanjang 16,65 kilometer,
5. Seksi 5 menghubungkan Simpang Susun Temanggung- Simpang Susun Ambarawa sepanjang 21,25 kilometer, dan
6. Seksi 6 Simpang Susun Ambarawa-Junction Bawen sepanjang 5,82 kilometer.

Baca juga:  Tim Kemenko Maritim dan Sumber Daya Menemui Bupati Manggarai Barat, NTT

Pelaksanaan kegiatan konstruksi akan dimulai pada awal tahun 2022 dari Seksi 1 (Yogyakarta- Simpang Susun Banyurejo) yang saat ini dalam proses pembebasan lahan di Seksi 1 sudah sebesar 25,3 persen.

“Kami berharap dengan dibangunnya kedua tol ini mampu menciptakan multiplier effect dan menimbulkan dampak yang signifikan bagi wilayah di sekitarnya,” beber Asdep Rahman pada kesempatan yang sama.

Biro Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel