Berita

Kemenko Marves Berkomitmen Internalisasikan Core Values BerAKHLAK

Dibaca: 193 Oleh Rabu, 27 Oktober 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 10 27 at 17.05.52 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-672/HUM/ROKOM/SET.MARVES/X/2021

Marves—Jakarta, Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 telah meluncurkan secara nasional core values (nilai inti) “BerAKHLAK” dan Employer Branding (Jenama Pegawai) Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa” untuk seluruh Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah agar menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional. Mengaplikasikan hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) telah menyusun contoh perilaku yang diaplikasikan dalam sebuah buku panduan perilaku BerAKHLAK. Oleh karena itu, dilaksanakan Soft Launching Core Values dan Panduan Perilaku BerAKHLAK di lingkungan Kemenko Marves pada hari Rabu (27 – 10 – 2021).

“Kemenko Marves sebelumnya telah memiliki core values PATEN, nilai-nilai yang terkandung dalam PATEN masih melekat dan akan melebur serta menjadi bagian dari BerAKHLAK. Dengan menanamkan pedoman BerAKHLAK pada diri masing-masing, diharapkan kita semua dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan ketika meluncurkan core value BerAKHLAK di internal Kemenko Marves.

Baca juga:  Buka Peluang Investasi di Jatim, Kemenko Marves Hubungkan Calon Investor ke Pemkot Surabaya

Pernyataan Menko Luhut, menjadi semangat yang dilanjutkan oleh Plt. Sekretaris Kemenko Marves (Sesmenko) Odo Manuhutu dalam membuka kegiatan ini. “Kemenko Marves harus menjalankan arahan yang telah diberikan Presiden, dengan diluncurkannya core values BerAKHLAK, kita harus mengimplementasikan ke kegiatan sehari-hari, utamanya dalam bekerja melayani masyarakat,” ujarnya.

Penanaman BerAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, dapat dimulai dari tiap-tiap ASN dalam melayani masyarakat dan bekerja di dalam organisasi. Nilai ini dapat ditanamkan mulai dari sendiri, lalu melayani rekan kerja, melayani masyarakat, dan juga memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

“Nilai BerAKHLAK diharapkan dapat menjadi landasan untuk mempercepat upaya kita berinovasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa utamanya Indonesia sebagai negara maritim,” tambahnya. Semangat yang diusung adalah serve others not yourself, yaitu kita utamakan melayani orang lain terlebih dahulu untuk Indonesia yang lebih maju.

Untuk menanamkan nilai BerAKLHAK, salah satu yang telah disiapkan oleh Kemenko Marves adalah video contoh perilaku BerAKHLAK yang diperankan oleh pegawai Kemenko Marves. “Acara hari ini, terselenggara berkat kerja sama yang baik antar unit kerja Kemenko Marves, utamanya Setmenko dan Kedeputian. Oleh karena itu saya ucapkan penghargaan dan terima kasih yang mendalam,” ujar Kepala Biro Hukum Budi Purwanto menyambung.

Baca juga:  Pemerintah RI Tandatangani Nota Kesepahaman Bidang Pendidikan Dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Kemaritiman Dengan World Maritime University

Pada kegiatan ini, diberikan pula materi tentang Core Values ASN “Berakhlak” oleh Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN RB Dr. Alex Denni dan CEO Founder ACT Consulting-ESQ Group Dr. H. Ary Ginanjar untuk menyampaikan penyerahan buku panduan perilaku BerAKHLAK.

Kementerian PANRB mengapresiasi Kemenko Marves sebagai kementerian yang pertama telah menyusun buku panduan perilaku dan melakukan launching core values BerAkhlak. “Perlu akselereasi tranformasi digital dan terobosan dalam percepatan learning and development oleh ASN,” jelas Deputi Alex Denni. 

Pimpinan pada Kementerian/Lembaga juga menjadi unsur penting dalam penanaman nilai BerAKHLAK. Pimpinan dapat menjadi pelopor perubahan bagi ASN lainnya, sehingga nilai ini dapat terimplementasikan dengan baik. “Tidak cukup hanya menjadi panutan, tetapi harus menjadi pengarah bagi perilaku ASN sesuai dengan BerAKHLAK,” pesan Deputi Alex Denni.

Dr. H. Ary Ginanjar juga menambahkan, bahwa berdasarkan penilaian Kemenko Marves telah menerapkan berbagai nilai BerAKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari. “Menurut Warren Buffert, untuk mendapatkan SDM terbaik, perlu ditemukan tiga kualitas dalam diri, yaitu integritas, kecerdasan, dan energi. Sehingga, kita harus memiliki ketiga kualitas tersebut untuk mencapai perilaku BerAKHLAK,” tutupnya.

Baca juga:  Indonesia Gandeng Akademisi AS Untuk Tangani Sampah Plastik Laut

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

 

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel