Berita DeputiDeputi 5

Kemenko Marves Monitor Pengembangan Pariwisata DPSP Likupang dan Creative Hub di Manado

Dibaca: 152 Oleh Sabtu, 26 September 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Monitor Pengembangan Pariwisata DPSP Likupang dan Creative Hub di Manado
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Manado, Pemerintah melalui Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terus memonitor implementasi program Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang dan pengembangan pusat kreatif (Creative Hub) di Manado dan sekitarnya. Hal ini dilakukan salah satunya melalui rapat koordinasi (Rakor) pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kedua program tersebut di Manado pada Hari Kamis dan Jumat (24-25 September 2020).

“Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk melakukan koordinasi, sinkronisasi dan memantau implementasi kebijakan DPSP Likupang dan Creative Hub Manado serta melakukan kunjungan lapangan” jelas Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim Kemenko Marves Sugeng Santoso saat memimpin rapat.

Staf Ahli Sugeng menyebutkan bahwa pentingnya kerjasama, komitmen dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan (pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku bisnis, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, akademisi dan komunitas maupun asosiasi) dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan manfaat dari program bidang pariwisata dan ekonomi kreatif ini.

Staf Ahli Sugeng menekankan pentingnya sinergi program dan implementasi kegiatan dalam pengembangan rantai nilai aktivitas kedua program ini terkait infrastruktur (fisik, jaringan atau informatika), transportasi, kawasan pariwisata & daya tarik wisata, penyediaan akomodasi, penyelenggaraan kegiatan rekreasi dan pengembangan sektor ekonomi kreatif diantaranya kuliner, kriya, fesyen, musik.

Baca juga:  Pembukaan Wisata Bali Tahap 3, Pemerintah Tetap Berhati-hati dan Melihat Perkembangan Dinamika

Pada hari Kamis (24-9-2020), selain rakor, para peserta juga melakukan kunjungan lapangan ke lokasi Creative Hub Kota Manado yang terletak di dekat kantor Dinas Pariwisata Kota Manado. “Kota Manado telah mengalami lonjakan dalam jumlah kunjungan, yakni mencapai 300 persen dalam lima tahun terakhir. Dalam hal pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, saat ini kami akan berfokus pada lima subsektor, yaitu seni pertunjukan, fesyen, kuliner, musik dan kriya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Manado Lenda Palealu yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Kemudian, pada hari Jumat (25-9-2020), kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke DPSP Likupang dan UMKM pengrajin batok kelapa Wale Gonofu. Menurut Kepala Bidang Inovasi dan Pengembangan Produk Deputi Bidang Koordinasi Parekraf Kemenko Marves Trukan Bahukeling yang mengikuti kegiatan tersebut, perkembangan ekonomi kreatif di Manado dan Likupang menunjukkan semangat dan komitmen baik pemerintah daerah maupun para aktor ekonomi kreatif lokal. “Hadirnya fasilitas penunjang seperti Creative Hub akan menjadi wadah untuk berdiskusi dan berinovasi, serta tempat bertemunya pelaku ekonomi kreatif dan pihak pemodal,” Lanjut Kabid Trukan.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rakor Langkah dan Kebijakan Indonesia dalam Kerjasama CTI-CFF

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Infrastruktur dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Dinas Pariwisata Kota Manado, Kepala Dinas Perindustrian Minahasa Utara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Minahasa Utara, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sam Ratulangi, perwakilan dari ITDC, PLN, industri dan asosiasi pariwisata dan ekosistem digital.

Keterlibatan aktor dari berbagai lembaga dan sektor dalam kegiatan ini melambangkan komitmen pemerintah melalui Kemenko Marves untuk terus mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi yang memiliki peran fundamental dalam menjamin penguatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel