Berita

Kemenko Marves Pantau Persiapan Simulasi Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di DPSP Labuan Bajo

Dibaca: 68 Oleh Rabu, 11 November 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Pantau Persiapan Simulasi Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di DPSP Labuan Bajo
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Flores, “Kegiatan simulasi keamanan dan keselamatan di Labuan Bajo merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan Indeks Daya Saing Perjalanan dan Pariwisata Indonesia  dengan menciptakan standar keamanan dan keselamatan yang menunjukkan bahwa pariwisata Indonesia siap memitigasi setiap situasi darurat,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Kosmas Harefa yang menghadiri rangkaian persiapan menuju acara Simulasi Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan  Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo  pada Senin hingga Rabu (9-11 November 2020).

Acara yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini bertujuan memberikan jaminan kesehatan, keselamatan, dan keamanan bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang akan berkunjung ke kawasan Labuan Bajo. Persiapan acara yang akan dilaksanakan pada Kamis (12-11-2020) tersebut meliputi rangkaian gladi kotor, gladi resik, doa bersama dan hari tenang.

“Dalam perhelatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, Kemenko Marves berperan dalam memaksimalkan koordinasi antar setiap kementerian dan lembaga terkait. Bentuk koordinasi ini tidak terbatas pada partisipasi, namun juga mencakup kebijakan anggaran,” lanjut Asdep Kosmas.

Acara ini didukung oleh 22 instansi dari lintas kementerian dan lembaga termasuk pemerintah daerah Manggarai Barat, Kemenko Marves, Kominfo, Basarnas, BNPB, BMKG, POLRI, dan TNI. Adapun kegiatan ini memiliki keterlibatan dari 480 tamu, 180 personil gabungan Basarnas, 76 personil Polri, BNPB dan BPBD, serta TNI. Acara ini diliput oleh 20 media lokal, nasional dan internasional.

“Saya pikir ini adalah sebuah sinergisitas luar biasa. Kegiatan ini menunjukkan bahwa kementerian dan lembaga mampu bekerjasama dalam  memberikan dukungan yang terbaik, apalagi terkait upaya kita dalam rangka meningkatkan citra pariwisata Indonesia dalam tatanan global,” jelas Asdep Kosmas.

Dalam Simulasi Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo, seluruh instansi yang terlibat berkolaborasi dan memberikan kontribusinya dalam merealisasikan SOP nasional atas keamanan dan keselamatan di destinasi pariwisata Indonesia. Diharapkan agar kegiatan ini dapat membangun kepercayaan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, yang kemudian akan berdampak dalam reaktivasi sektor pariwisata Indonesia.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Baca juga:  Menko Luhut : Sinergi Kelembagaan Dalam Program Tol Laut dan Sislognas Adalah Keharusan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel