FotoBerita

Kemenko Marves Perkuat Kinerja sebagai Persiapan Menuju Poros Maritim Dunia melalui Monitoring dan Evaluasi Kinerja

Dibaca: 29 Oleh Kamis, 17 Desember 2020Tidak ada komentar
Kemenko Marves Perkuat Kinerja sebagai Persiapan Menuju Poros Maritim Dunia melalui Monitoring dan Evaluasi Kinerja
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Tangerang, Dalam semangat menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia, Sekretariat Kemenko Marves lakukan monitoring dan evaluasi kinerja tahun 2020 serta perencanaan untuk memperkuat kinerja tahun 2021. Hal tersebut dilakukan melalui refleksi akhir tahun 2020 dalam rapat kerja dengan tema *Berikan Layanan Terbaik untuk Marves Paten* yang digelar pada hari Rabu (16-12-2020). Rapat kerja ini juga dilakukan guna menyambut peringatan Hari Benua Maritim yang akan jatuh pada tanggal 18 Desember 2020.

“Kita lakukan refleksi akhir tahun 2020. Banyak yang sudah dicapai, masing-masing biro sudah bekerja dengan keras dan mendapat berbagai penghargaan. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran mulai dari yang paling rendah ke jajaran yang lebih tinggi atas capaian kinerjanya,” ungkap Sekretaris Kemenko Marves (Sesmenko) Agung Kuswandono.

Sesmenko Agung kemudian melanjutkan bahwa masih ada PR yang harus dikerjakan. Menurutnya, tidak boleh langsung merasa puas dengan pencapaian yang ada tetapi harus terus memperbaiki dan berusaha dengan maksimal.

Baca juga:  Menko Luhut optimistis penataan Citarum Harum selesai dalam lima tahun

“Kita tidak bisa sekedar baik, tapi harus jadi yang terbaik. Kita bisa berbuat lebih banyak, lebih bijak, efisien, tertib, dan bertanggung jawab. Untuk itu kita harus berpikir one step ahead,” tambah Sesmenko Agung.

Untuk tahun 2021, Sesmenko Agung menerangkan berbagai perencanaan yang akan dilakukan oleh masing-masing biro, meliputi Biro Umum, Biro Komunikasi, Biro Biro Perencanaan, Biro Hukum, serta Inspektorat. Hal yang difokuskan untuk tahun 2021 meliputi perbaikan database, capaian kinerja, hingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Sesmenko Agung juga menargetkan agar Kemenko Marves dapat meningkatkan komunikasi antar unit dan membuat media Kemenko Marves menjadi yang terbaik.

“Di tahun 2021, anggaran harus diatur dengan baik. Alur komunikasi juga harus diperbaiki agar memiliki alur yang tertata. Kita juga akan mengawal penyusunan produk hukum terkait UU Cipta Kerja yang akan dilakukan melalui Biro Hukum. Kita harus terus memikirkan bagaimana kinerja ke depannya agar jangan sampai kececeran,” timpalnya.

Sesmenko Agung juga tidak henti mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak potensi. Menurutnya, semangat kemaritiman harus terus dijaga guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim.

Baca juga:  Menko Luhut: Indonesia Berharap Out Put IMF-WB Signifikan Bagi Ekonomi Dunia

“Benua itu asal katanya dari benoa yang artinya dalah tempat, lokasi, kampung, dan kawasan. Jadi tidak salah kalau dibilang Indonesia adalah benua maritim, karena kita berada di wilayah maritim,” timpal Staf Ahli Menteri (SAM) Tukul Rameyo.

“Kita sudah punya portfolio Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI). Kita ingin kembali membangun Rencana Aksi Nasional (RAN) KKI 2020-2024. KKI ini dibuat supaya Indonesia menjadi negara poros maritim dunia,” lanjut SAM Rameyo.

Menurut SAM Rameyo, dalam jangka waktu periode 2020-2024, Indonesia memiliki kesempatan untuk melakukan haluan maritim. Ia menyayangkan bahwa saat ini literasi kemaritiman mulai hilang di kalangan milenial. Untuk itu, Kemenko Marves banyak menggaungkan semangat kemaritiman melalui beragam kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan.

“Rencananya, tahun 2021 akan disusun draft Konsepsi Haluan Maritim 2045 dan menyelenggarakan Konferensi Nasional Maritim II di tahun 2021. Dan di tahun 2024, kita buat rancangan Haluan Maritim 2045,” tambahnya.

Menutup kegiatan, Sesmenko Agung memberikan harapan agar tahun 2021 bisa berjalan lebih baik lagi. Terdapat beberapa arahan yang juga disampaikan guna menyambut tahun 2021. Ia menginstruksikan untuk membuat buku risalah tahun 2020 dengan menampilkan poin-poin data dan design yang eye catching agar menarik untuk dibaca.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rapat Koordinasi Lanjutan Pembahasan Tentang Garam

“Selanjutnya tindak lanjuti kegiatan kemaritiman yang ditangani SAM agar Kemenko Marves tetap survive seperti KKI dan SDGs. Untuk pelaksanaan dan pengawasan yang lebih baik ke depan, mau tidak mau harius menggunakan IT. Setiap ada kegiatan, diharapkan regulasi, organisasi, SDM, sarana dan prasarana, serta anggaran disiapkan dengan baik. Jangan lupa juga capacity building untuk pegawai baru. Kita sudah lakukan orientasi untuk CPNS, namun itu masih belum cukup. Kita harus mendidik agar mereka bisa menjadi para ahli,” tutup Sesmenko Agung.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel