Berita

Kemenko Marves Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Dalam Pemerikasaan Laporan Keuangan

Dibaca: 48 Oleh Kamis, 12 Agustus 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 08 12 at 13.50.31
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-505/HUM/ROKOM/SET.MARVES/VIII/2021

Marves – Jakarta, Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Tahun Anggaran 2020. Laporan Hasil Pemeriksaan tersebut diserahkan secara virtual oleh Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV BPK yang diwakili oleh Syamsuddin selaku Auditor Utama Keuangan Negara (Tortama) IV dan diterima oleh Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko) Agung Kuswandono mewakili Menko Marves, pada hari ini Kamis (12-8-2021).

Capaian ini merupakan kali kelima bagi Kemenko Marves yang berhasil mempertahankan opini WTP secara secara berturut-turut sejak laporan keuangan tahun 2016.

Pemeriksaan terhadap laporan keuangan yang setiap tahun dilakukan oleh BPK bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan kementerian/ lembaga. BPK memiliki standar yang digunakan secara ketat dalam melaksanakan pemeriksaan keuangan negara yaitu Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN). Adapun kriteria penilaian opini yang mengacu pada SPKN adalah dengan menilai kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan informasi dan laporan keuangan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Baca juga:  Menko Marves Menjadi Pembicara Kunci Dialog Nasional

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara IV BPK yang diwakili Tortama Syamsuddin menyampaikan selamat atas capaian Kemenko Marves dalam mempertahankan opini WTP.

Tortama Syamsuddin selanjutnya memaparkan bahwa berdasarkan hasil pemantauan diperoleh data bahwa tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan Kemenko Marves mengalami peningkatan dari semester sebelumnya. “Kami telah melakukan penelaahan atas bukti tindak lanjut yang telah selesai yaitu (status 1 dan 4) pada semester II tahun 2020 sebesar 90,71 persen atau telah selesai ditindaklanjuti sebanyak 127 rekomendasi dari total 140 rekomendasi. Hal tersebut meningkat apabila dibandingkan dengan tindak lanjut yang telah selesai pada semester I tahun 2020 yakni sebesar 82, 86 persen”.

Sesmenko Agung Kuswandono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi, baik kepada tim pemeriksa BPK maupun kepada seluruh jajaran Kemenko Marves, atas tercapainya opini WTP ini.

“Terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin baik antara tim BPK dengan Kemenko Marves, sehingga proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar,” kata Sesmenko Agung. “Kerja sama yang sudah kita laksanakan dengan sejauh ini harus kita tingkatkan. Yang baik tetap pelihara kebaikannya dan yang kurang mari kita perbaiki, karena kedepan kita akan menggunakan SPBE artinya teknologi informasi akan menjadi bagian yang penting dalam kegiatan pemeriksaan,” tambahnya.

Baca juga:  Menko Luhut: Bila Tidak Kompak, Kita Tidak Bisa Bangun Indonesia

Di penutup acara Sesmenko Agung berharap jajaran Kemenko Marves untuk memerhatikan dengan serius permasalahan yang masih ada dan segera melakukan perbaikan sesuai rekomendasi BPK. Sesmenko Agung juga berharap agar Kemenko Marves selalu mendapatkan predikat opini terbaik minimal WTP untuk tahun-tahun berikutnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel