ArtikelBeritaSiaran Pers

Kemenko Marves Rampungkan Seleksi Penerimaan CPNS 2021 di Sejumlah Kota

Dibaca: 49 Oleh Kamis, 7 Oktober 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 10 07 at 10.50.46
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-632/HUM/ROKOM/SET.MARVES/X/2021

Marves, Makassar – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) telah selesai melaksanakan seleksi penerimaan CPNS tahun 2021 di sejumlah kota di Indonesia. Adapun di antaranya ialah Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Jakarta, Bandung, dan beberapa kota lainnya.

“Hari ini di Makassar. Berikutnya Palembang, Medan dan seterusnya,” kata Kepala Bagian Organisasi, Tata Laksana dan Reformasi Birokrasi Biro Hukum Kemenko Marves, Iwa Gemino dalam keterangannya, Rabu (06-10-2021).

Iwa menjelaskan bahwa pada tahun ini total penerimaan CPNS kurang lebih mencapai 128 ribu pegawai. Khusus di Kemenko Marves, adapun formasi/jumlah penerimaan pegawai yang disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tahun 2021 adalah 77 pegawai. “Sementara jumlah pelamar seleksi CPNS bagi Kemenko Marves adalah kurang lebih 1118 orang pelamar. Artinya hanya kurang lebih 7 persen yang diterima,” jelasnya.

Dia menuturkan dari beberapa kota yang telah dilaksanakan seleksi penerimaan CPNS tahun ini untuk Kemenko Marves diperoleh nilai tertinggi yang cukup beragam. Detailnya perolehan nilai sebesar 493 dari peserta seleksi di Jakarta, Yogyakarta 470, Semarang 468, dan Surabaya 454. “Bagaimana dengan peserta seleksi dari Kanreg BKN- Makassar, harapan saya dan saya percaya bahwa adik-adik peserta seleksi bisa bersaing dan melebihi dari peserta wilayah lain,” tuturnya.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Menko Luhut ke Pulau Samosir, Pelabuhan Ambarita, Huta Siallagan, Tano Ponggol

Ia menambahkan, bagi peserta yang belum lolos pada seleksi CPNS di manapun, khususnya di Kanreg BKN Makassar untuk tidak berkecil hati apalagi patah semangat hingga depresi. Ia menyatakan, sedih dan kecewa boleh saja namun jangan lama dan harus lekas bangkit. “Bahwasanya lapangan pekerjaan bukan hanya di pemerintahan atau PNS. Boleh jadi peserta yang tidak lulus hari ini ke depan menjadi pengusaha star up, Youtuber dan lain-lain,” imbuhnya.

“Bagi yang ingin tetap mengabdi sebagai PNS masih ada kesempatan untuk mencoba kembali di tahun-tahun mendatang,” tambahnya.

Dikatakannya juga, bagi peseta yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) masih ada tahapan lain yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Karena itu, para peserta harus tetap mempersiapkan diri dengan tetap belajar. “Jangan lupa bahwa PNS adalah abdi negara atau abdi masyarakat. Artınya PNS adalah pelayan masyarakat yakni memberikan pelayanan kepada publik/stakeholder,” pungkasnya.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel