Berita

Kemenko Marves Serahkan Anugerah Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kepada 3 dari 7 K/L Dibawah Koordinasinya

Dibaca: 24 Oleh Sabtu, 6 November 2021November 8th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 11 04 at 5.55.18 PM 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

No.SP-701/HUM/ROKOM/SET.MARVES/XI/2021

Marves—Yogyakarta, Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memberikan penghargaan Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) kepada tujuh Kementerian/Lembaga dibawah koordinasinya. Penghargaan ini diserahkan dalam acara Rapat Koordinasi Antar Kementerian/Lembaga Lingkup Kemenko Kemaritiman dan Investasi pada Kamis-Sabtu, 4-6 November 2021 di Yogyakarta.

Pemberian penghargaan kepada Pengelola JDIH ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan serta koordinasi yang dilakukan oleh Biro Hukum selaku pengelola JDIH Kemenko Marves kepada pengelola JDIH tujuh Kementerian dalam koordinasi Kemenko Marves yang telah berhasil berinovasi dalam pemberian layanan informasi hukum kepada masyarakat.

“Masyarakat saat ini ingin mendapatkan informasi hukum yang update. Kita perlu inovasi terbaru agar layanan informasi hukum di layanan JDIH bisa memberikan manfaat baik untuk masyarakat. Saat ini pengunjung JDIH Kemenko Marves perharinya sekitar 1.500 s.d 16.000 pengunjung. Hal ini setelah berbagai inovasi dan upaya memanfaatkan sumber daya yang sedikit menghasilkan hasil yang luar biasa,” kata Karo Budi.

Baca juga:  Dukung Peningkatan Kualitas SDM Lokal, Kemenko Marves Hadiri Rakor Rencana Pembangunan Politeknik Manufaktur di Majalengka 

Tanggal 2 Desember 2021 nanti, Kementerian Hukum dan HAM sendiri akan memberikan penilaian JDIH nasional dan diharapkan di antara 7 K/L mampu masuk posisi lima besar. “Ini menjadi pecut untuk kami melakukan inovasi terbaru bersama 7 K/L. Oleh karena itu, malam ini kami ingin memberikan apresiasi untuk para perwakilan 7 K/L dan kawan-kawan biro hukum di mana dilihat dari keaktifan dan peraturan Menkumham dalam pengelolaan JDIH guna terus mendorong untuk terus berkarya bagi nusa dan bangsa,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara rakor ini, Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional, Drs. Yasmon, M.L.S yang menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kemenko Marves atas penyelenggaraan rapat koordinasi ini. Ia menyebutkan ini menjadi lompataan yang luar biasa dalam pengelolaan JDIH baik sebagai anggota JDIH Nasional maupun sebagai Kementerian Koordinator dalam melakukan pembinaan 7 K/L dibawah koordinasi Kemenko Marves untuk menjadi yg terbaik dalam pengelolaan JDIH.

“Dalam kerangka penataan regulasi di tanah air, peran JDIH sangat penting dalam penataan regulasi. Salah satu aspek penting adalah tersedianya basis data yang terintegrasi. Selain itu, pengelolaan JDIH nasional tidak hanya dikuatkan dari Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional tapi juga dikuatkan dengan sistem SPBE. JDIH juga nantinya akan menjadi indikator Indeks Reformasi Hukum (IRH),” kata Yasmon.

Baca juga:  Kemenko Marves Terima Bantuan Medis dari Wondfo untuk Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia

Malam ini, ada tiga kategori penghargaan JDIH yang diberikan, yaitu pertama, JDIH dengan data terlengkap dimenangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kedua, JDIH dengan penyampaian laporan tercepat dimenangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Terakhir, JDIH dengan pengelolaan SDM terbaik diraih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu, Biro Hukum juga memberikan apresiasi kepada para stafnya melalui penghargaan dengan beberapa kategori seperti pegawai terinovatif, pegawai terkreatif, pegawai terinspiratif dan adaptif, serta pegawai terdisiplin.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel