FotoBerita DeputiDeputi 4

Kemenko Marves Tinjau Pelaksanaan Pembersihan Lahan di KHDTK Pollung

Dibaca: 19 Oleh Rabu, 28 Juli 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 07 28 at 12.15.56
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-462/HUM/ROKOM/SET.MARVES/VII/2021

Marves – Pollung,  Kemenko Marves melalui Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan DAS dan Konservasi SDA M. Saleh Nugrahadi bersama Asdep Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Sugeng Harmono melakukan kunjungan ke Kabupaten Humbang Hasundutan menjelang kesiapan dokumen Desain Rekayasa Detil (DED) serta persiapan pembangunan tahap pertama dari Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di kawasan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) pada Hari Senin (26-07-2021).

“Sebagai langkah pertama pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH), akan dilakukan pembersihan lahan seluas maksimal 200 ha yang direncanakan memakan waktu sampai bulan Desember 2021,” jelas asdep Saleh mengenai tujuan kunjungan kerjanya.

Diapun melanjutkan, sebagai prioritas pertama, pembersihan lahan dilakukan untuk area seluas 83.9 ha yang diantaranya dialokasikan untuk pembangunan TSTH seluas 15 ha, dan demplot dari Kementerian Pertanian. Secara teknis, Direktorat Irigasi dan Rawa – Kementerian PUPR bekerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera II akan melaksanakan pekerjaan pembersihan lahan tersebut dan akan diawasi langsung oleh IT Del sebagai pengelola KHDTK.

Baca juga:  Menko Luhut menjadi Keynote Speech Joint Seminar with UN Environment TLFF

Dalam kunjungan  ini, Asdep Saleh menegaskan agar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ITB bisa menyelesaikan DED pada akhir bulan Juli. Selain itu, konsultasi publik agar segera dilaksanakan oleh BPPT sehingga target penyelaian dokumen Analisis dampak lingkungan (Amdal) bisa tercapai pada bulan Agustus.

Pelaksanaan pembersihan lahan oleh Kementerian PUPR dilakukan sesuai data yang disampaikan oleh BPPT, dan diawasi oleh IT Del. Terakhir, pentingnya manajer proyek dan manajer konstruksi diusulkan oleh Kementerian PUPR sehingga pekerjaan pembangunan TSTH bisa berjalan secara tertib dan terukur pencapaiannya.

Dalam kunjungan ini, hadir pula perwakilan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, IT Del, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sumatera Utara, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan. Selain untuk mengoordinasikan pelaksanaan pembersihan lahan, kunjungan ini pun penting bagi BPPW untuk mendapatkan gambaran situasi dan informasi dari lapangan menjelang pelaksanaan pembangunan. Menindaklanjuti kunjungan ini, telah dilakukan pembahasan teknis secara virtual bersama BPPT, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB, IT Del dan Kementerian PUPR.

Baca juga:  Kemenko Marves Tekankan Komitmen Percepat Ratifikasi Konvensi ILO No. 188 Guna Lindungi Awak Kapal Perikanan

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel