FotoBerita DeputiDeputi 3

Kemenko Marves Tinjau Usulan Perbaikan Jalan dan Penataan Kawasan Mangrove di Sangihe

Dibaca: 66 Oleh Rabu, 2 Februari 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 02 02 at 13.49.29
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves, Sulawesi Utara – Asisten Deputi Infrastruktur Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Asdep IPW Kemenko Marves) Djoko Hartoyo meninjau beberapa titik jalan di Sangihe, pada hari Rabu (02-02-2022). Titik-titik tersebut, antara lain jalan dari Pantai Tahuna di Kelurahan Apengsembeka sampai dengan Kelurahan Santiago sepanjang 2.000 meter yang merupakan akses menuju Depo Gerai Maritim. Setelah itu, Asdep Djoko juga meninjau penataan Kawasan Mangrove Rawa Towo.

“Sebelum dibuat jalan, walaupun nggak ada masalah lahan, perlu dibuat pengaman pantai dulu baru dibuat aksesnya,” sebut Asdep Djoko. Terkait implementasinya nanti, ia berpendapat dapat diajukan dengan dukungan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 Tahun 2017 yang diperbarui melalui Perpres Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang dari dan ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan (3TP).

Mengenai lokasi yang akan dibangun akses jalan, semua dokumen masih dalam proses persiapan, mulai dari Detailed Engineering Design (DED), Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), yang harus disergikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). “Semua usulan ini perlu dibuat dokumennya dan dalam hal ini, Kemenko Marves berperan mengkoordinasi dan fasilitasi kalau Sangihe membutuhkan dorongan,” tutur Asdep Djoko.

Baca juga:  Menko Luhut: LRT Jabodebek, Proyek Sinergis Yang Transparan

Selain kelengkapan data yang memiliki peran penting, Asdep Djoko juga meminta kepada Kepala Bidang Sumber Daya Alam PUPR Sangihe Mariana S. Kuheba agar segala usulan ini disampaikan juga kepada Bupati Sangihe supaya semua memiliki visi yang sama. “Yang penting semua proyek dikerjakan demi kemudahan dan kesejahteraan masyarakat setempat,” tegas Asdep Djoko.

Pada kesempatan tersebut, Asdep Djoko juga berkunjung ke Kawasan Mangrove Rawa Towo. Menurut paparan Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Sekretariat Daerah Sangihe Engelin Sasiang, di sana ingin dilakukan penataan kawasan, membersihkan wilayah dari sampah, dan kalau bisa dijadikan pusat wisata mangrove yang terintegrasi. “Masalahnya di sini ada banyak sampah, sering terjadi banjir, rawa jadi berubah fungsi, dan diperlukannya pelestarian budaya lokal. Kalau kawasan ditata, kondisi akan kembali baik,” pungkas Kabid Engelin.

Sebelumnya, pada tahun 2020 kawasan mangrove ini sudah direncanakan untuk ditata, tetapi karena terjadi Covid-19, maka pengerjaannya batal. “Kegiatan ini dapat dijadikan momentum bagi Pemda dalam mengevaluasi masalah sosial yang mungkin timbul dan sama-sama kita pastikan kesiapan lahannya,” beber Asdep Djoko.

Baca juga:  Optimalkan Reformasi Birokrasi, Kemenko Marves Gelar Rakor Pendampingan RB, SAKIP dan Zona Integritas

BIRO KOMUNIKASI
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI RI
NO.SP-40/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2022

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel