Berita DeputiDeputi 1

Kemenko Marves, UNDP, dan AIS Forum Menginisiasi Peningkatan Kapasitas bagi Wirausaha di 5 Negara Pasifik

Dibaca: 14 Oleh Kamis, 23 September 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 09 23 at 21.55.40 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-596/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IX/2021

Marves – Jakarta, Satu setengah tahun terakhir telah menjadi waktu yang transformatif terutama bagi para startup dan pengusaha. Pandemi COVID-19 telah memaksa pelaku bisnis untuk terus tumbuh dan beradaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan cepat. AIS Blue Hub, sebuah program di bawah AIS Forum–adalah inisiatif global yang dibangun untuk menumbuhkan ekosistem startup dengan menciptakan lingkungan yang memungkinkan bagi startup untuk memperluas jaringan global mereka terlebih khusus dengan pemangku kepentingan. Sebagai bentuk nyata dari program konkret, Kemenko Marves bersama dengan UNDP dan AIS Forum meluncurkan Community Leadership Academy (CLA) dan Startup Weekend Pacific untuk mewujudkan keberlanjutan pertumbuhan wirausaha di negara pulau dan kepulauan.

“Program ini akan mengeksplorasi peluang pengembangan kewirausahaan baru dibidang kelautan, yang akan memfasilitasi berbagai pengetahuan serta ide, sehingga diharapkan dapat berdampak di tingkat lokal, regional, maupun global,” seru Plt. Asisten Deputi (Asdep) Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Sora Lokita pada hari Kamis (23-09-2021).

Baca juga:  Lakukan Tinjauan Lapangan, Kemenko Marves Upayakan Optimalisasi Food Estate dari Hulu ke Hilir di Kalimantan Tengah

Melanjutkan, Plt. Asdep Sora Lokita mengatakan bahwa program yang telah dibentuk oleh AIS Forum melaui AIS Blue Hub ini merupakan peluang terbuka bagi startup di Pasifik yang ingin mengembangkan jaringan secara global dan menemukan inspirasi untuk memecahkan tantangan melalui inovasi.

Sementara itu, Community Leadership Academy (CLA) adalah program pelatihan selama empat hari bagi para pemimpin komunitas di Pasifik untuk belajar bagaimana mengembangkan ekosistem kewirausahaan lokal dari para ahli di seluruh dunia. Sedangman Startup Weekend Pacific adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan profesional yang tertarik untuk mengejar impian sebagai wirausahawan sehingga dapat terus dikembangkan, dan menginspirasi semangat wirausaha bagi komunitas muda di Pasifik.

“Start-up Weekend Pacific akan menumbuhkan semangat kewirausahaan yang begitu besar di Pasifik dan menfasilitasi para peserta yang berani mengambil langkah pertama dari perjalanan kewirausahaan mereka. Ini akan mendorong peserta untuk berpikir kritis dan bertindak Out of the Box,” tutur Sophie Kemkhadze, Wakil Kepala Perwakilan UNDP di Indonesia.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan dan Luaskan Wawasan Kebangsaan, Kemenko Marves Kirim Perwakilan Pimpinan Ikuti Diklat PPSA Lemhanas 2021

Difasilitasi oleh Kemenko Marves, AIS Forum, dan UNDP Pasifik di Fiji, Startup Weekend Pasifik berfungsi sebagai wadah pertukaran pengetahuan bagi komunitas lokal di negara-negara Pasifik. Pembicara ahli dengan pengalaman global di bidang startup dan materi dari program Techstars yang inovatif sangat memberikan manfaat bagi peserta pelatihan. Kedua program tersebut bersifat praktis sehingga saran dari para ahli dapat dengan mudah disesuaikan dan diterapkan pada ide bisnis individu dan ekosistem startup lokal.

Duta Besar Amenatave V. Yauvoli, Duta Besar Republik Fiji untuk Indonesia menyatakan bahwa inisiatif AIS Forum untuk Start-up Weekend akan membuka kesempatan bagi para pengusaha muda untuk berpikir kreatif dan kolaboratif tentang ide dan inovasi. Pemikiran kreatif dari pengalaman yang sudah teruji melalui pelatihan ini, akan membentuk dan menumbuhkan ide-ide kewirausahaan yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara Pasifik sehingga dapat membangun masa depan yang lebih baik.

Community Leaders Academy (CLA) mengundang para pemimpin komunitas yang berpengalaman dalam mengelola atau memimpin setidaknya satu komunitas dan berkomitmen untuk menumbuhkan ekosistem wirausaha lokal. Program tersebut berlangsung dari 9 – 12 September 2021.

Baca juga:  Kemenko Maritim Bekali Pegawai dengan Kemampuan Basic Life Support

Sedangkan Startup Weekend Pacific (SWP) terbuka untuk semua mahasiswa atau profesional yang tertarik untuk berwirausaha, terutama mereka yang memiliki minat dalam mengembangkan teknologi untuk memecahkan masalah di komunitas lokal mereka. Program tersebut berlangsung dari 23 – 26 September 2021.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel