BeritaSiaran Pers

Kementerian Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi Raih Penghargaan di Ajang KPPU Award 2020

Dibaca: 22 Oleh Selasa, 15 Desember 2020Tidak ada komentar
Kementerian Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi Raih Penghargaan di Ajang KPPU Award 2020
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) berhasil meraih penghargaan KPPU Award tahun 2020 yang diumumkan sekaligus diberikan dalam acara penganugerahan di Jakarta, Selasa (15-12-2020). Kemenko Marves mendapatkan peringkat Pratama pada kategori Persaingan Usaha Tingkat Pusat dari tiga kategori yang selenggarakan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI.

Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Manajemen Konektivitas Kemenko Marves, Sahat Manaor Panggabean yang mewakili Menteri Koordinator Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan sangat bahagia dan senang atas penghargaan yang diberikan oleh KPPU RI. Capaian ini akan dijadikan motivasi dan modal untuk terus berbuat lebih baik, khususnya di bidang usaha lewat berbagai kewenangan yang dimiliki Kemenko Marves saat ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KPPU yang telah memberikan award kepada kami, Kementerian Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi,” kata SAM Sahat dalam acara penganugerahan hari ini.

SAM Sahat menjelaskan sejauh ini Kemenko Marves sudah bisa meraih predikat Pratama dalam gelaran KPPU Award 2020 dan dimasa mendatang akan berusaha lebih baik lagi sehingga memperoleh hasil maksimal. Predikat-predikat yang diraih oleh kementerian lembaga (K/L) atau pemerintah provinsi dalam ajang yang sama dianggap sebagai pelecut semangat agar terus berbuat labih baik.

Baca juga:  Rumuskan Rencana Aksi Untuk Tingkatkan Resiliensi Sumberdaya Pesisir dan Laut, Pemerintah Gelar Workshop Nasional

“Fungsi koordinasi yang dilakukan selama ini hasilnya baru mendapat penghargaan perunggu, temen-teman Kemenko Perekonomian sudah mendapat emas, kami akan mengejar. Mudah-mudahan Indonesia akan lebih baik lagi,” ujar SAM Bidang Manajemen Konektivitas Kemenko Marves ini.

Sementara itu, Ketua KPPU RI Kurnia Toha dalam kesempatan sama menyampaikan bahwa gelaran KPPU Award ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dan rencananya terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya. Adapun kategori award yang diberikan yakni kepada institusi pemerintahan baik tingkat kementerian, lembaga, dan pemerintah provinsi.

“Yang memiliki kontribusi terbaik terhadap dua peran utama KPPU, yakni peran sebagai pengawas persaingan usaha termasuk dalam memberikan saran dan pertimbangan kepada pemerintah sehubungan dengan kegiatan yang terkait persaingan usaha dan peran pengawas pelaksanaan kemitraan,“ kata Kurnia.

Kurnia mengungkapkan KPPU dalam menjalankan tugas dan kewenangannya tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari pemerintah melalui K/L, pemerintah provinsi, pelaku usaha, dan masyarakat secara umum. Penyelanggaraan KPPU Award ini bertujuan memberikan apresiasi pemerintah atas kinerjanya, baik di level K/L maupun pemerintah provinsi yang dalam mengambil kebijakan telah mempertimbangkan dan menjalankan prinsip-prinsip persaingan usaha yang baik serta pola kemitraan yang baik antara pelaku usaha besar, menengah, dan kecil.

Baca juga:  Presiden Jokowi Perkirakan Program Revitalisasi Sungai Citarum Selesai Dalam 7 Tahun

“Penganugerahan KPPU award ini proses penilaiannya dilakukan sejak Juni 2020, secara kualitatif dan kuantitatif, berdasarkan intraksi yang dilaksanakan KPPU dengan kementerian lembaga, pemerintah provinsi dari Januari 2019 hingga November 2020. Penilaian dititikberatkan pada upaya inisiatif kementerian dan pemerintah provinsi dalam pelaksanaan prinsip persaingan dan prinsip kemitraan dalam kebijakan yang diambil,“ jelasnya.

Ia menambahkan setiap kategori yang dilombakan terdapat beberapa variabel yang dinilai setiap tingkat institusi pemerintah. Pada katagori pemerintah provinsi terdapat tiga variabel utama dan sedangkan untuk K/L penilaian ditekankan pada dua variabel utama, yaitu pelibatan KPPU dalam setiap perumusan kebijakan dan kedua respons terhadap saran dan pertimbangan KPPU serta interaksi positif lainnya.

Adapun peraih KPPU Award di setiap kategori yakni 1. Persaingan Usaha Tingkat Daerah diraih Provinsi Lampung (peringkat Utama); Provinsi Jawa Barat (peringkat Madya); Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sumatera Utara (peringkat Pratama). 2. Kemitraan Tingkat Daerah diraih oleh Provinsi Jawa Barat (Peringkat Utama); Provinsi Lampung (peringkat Madya); Provinsi DIY dan Provinsi Jambi (peringkat Pratama). 3. Persaingan Usaha Tingkat Pusat diraih oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (peringkat Utama); Kementerian Kuangan dan Kementerian Perdagangan (Peringkat Madya); Kementerian Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi, Kementerian PUPR (Peringkat Pratama); dan Kementerian BUMN, serta Kemitraan Tingkat Pusat ialah Kementerian Perhubungan (Peringkat Utama); Kementerian Pertanian (Peringkat Madya); dan Kementerian Koperasi dan UKM (Peringkat Pratama).

Baca juga:  Pesan Waisak Menko Luhut: Kita Tidak Boleh Pecah Karena Keberagaman

Pada acara anugerah KPPU Award ini hadir sejumlah pejabat kementerian di antaranya Menteri PUPR, Menteri Pertanian, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri Perhubungan, para gubernur yang meraih penghargaan serta pejabat dan tamu undangan lainnya baik secara langsung maupun virtual.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel