Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Kepres Badan Otorita Danau Toba dan Borobudur Harus Segera Terbit

By 15 Feb 2016 12:22Berita
ridwan djamaludin

Maritim – Dari 10 daerah destinasi wisata unggulan, sudah tiga yang sudah menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata. Ketiganya adalah Tanjung Lesung, Mandalika, dan Morotai.

Kemenko Maritim dan Sumber Daya mengaku, menggunakan strategi yang bermacam-macam agar tujuh kawasan wisata lainnya, bisa menjadi KEK Pariwisata.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur, DR. Ir Ridwan Djamaluddin Msc kepada Redaksi, Senin (15/2) mengatakan, secara spesifik dirinya ditugaskan di Danau Toba dan Borobudur.

“Dalam triwulan pertama hanya sampai 31 Maret, minimal Kepres atau Perpres tentang pembentukan Badan Otorita di dua daerah tersebut sudah harus keluar,” tegas dia.

“Dalam triwulan kedua, rencana induk untuk kedua destinasi itu sudah harus jadi,” sambung Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sebelumnya, Pemerintah memprioritaskan promosi untuk 10 destinasi unggulan wisata dan sejumlah even pada tahun 2016. Ini untuk mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 12 juta pada 2016. Sementara itu, tahun 2015, diperkirakan kunjungan wisman mencapai 10 juta dengan target devisa US$ 12 miliar.

Destinasi wisata premium itu mencakup Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Danau Toba (Sumatera Utara), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Morotai(Maluku Utara), serta Bromo-Tengger-Semeru (Jawa Timur).

(Maritim/Arp)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Berita Artikel Berita Deputi Siaran Pers
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kepres Badan Otorita Danau Toba dan Borobudur Harus Segera Terbit