Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

KKN Tematik Mempercepat Pengendalian Pencemaran Citarum

1

Maritim – Bandung, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman diwakili Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin menghadiri gebyar edukasi KKN Tematik di DAS Citarum, Sektor 8, Bandung, Jawa Barat, Selasa (31/07). Giat KKN tematik yang diinisiasi oleh Kemenristekdikti ini telah memperlihatkan perbaikan kualitas pencemaran air sungai di area-area yang menjadi lokasi KKN, yang tidak lain berkat peran mahasiswa KKN tersebut.

“Saya yakin dengan peran adik-adik semua, Citarum sekarang dengan adanya KKN tematik yang dilanjutkan, kami yakin dalam 1 atau 2 tahun ini akan terjadi perubahan drastis. Yang terutama kami atas nama Menko Maritim mengucapkan terima kasih kepada Tim Kodam 3 Siliwangi yang bertugas dan telah bekerja baik sekali merangkul masyarakat dan adik-adik peserta KKN,” kata Deputi Safri yang juga menjadi Sekretaris Dewan Pengarah Tim DAS Citarum di lokasi.

Selain apresiasi terhadap perubahan Citarum, Deputi Safri juga menyambut baik peluncuran lomba dayung di sektor 8 Citarum, “Kalau di Inggris kita kenal antara Cambridge dan Oxford punya lomba dayung. Bila di sini lomba dayung menjadi lomba rutin tahunan antar perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Ini luar biasa dan menjadi kebanggaan teman-teman. Jadi olahraganya ikut berkembang, Citarumnya ikut terjaga,” ungkapnya.

Deputi Safri mengakhiri sambutannya dengan menekankan, Kemenko Maritim mendorong penegakan hukum. “Salah satu yang akan kita tegakkan sekarang, tahap berikutnya dari pengendalian pencemaran Citarum adalah bagaimana memperkuat penegakan hukum sehingga ini bisa berjalan dengan baik.”

Di lokasi yang sama, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mengungkapkan bahwa dengan diawalinya KKN ini, betul-betul terjuwud Citarum bersih. “Menjadi Citarum yang terbersih di Indonesia. Perlu kami sampaikan bahwa ada 1 berita yang cukup merepotkan di Indonesia yakni sungai Citarum sebagai sungai terkotor di dunia. Akhirnya bapak Presiden menggarap agar Citarum Bersih,” ungkap Menristekdikti.

“Oleh karena itu kerja keras yang bersama kita lakukan harapan 2 tahun ke depan menjadikan sungai Citarum sebagai sungai terbersih. Di bawah Kongdam Siliwangi ini, saya dan Menko Luhut, serta mahasiswa juga harus terlibat konsentrasi KKN Citarum ini, mulai dari mungkin limbah sampah dan menjaga agar tidak membuang sampah sembarang tempat,” tambahnya.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Asep Kadarohman yang juga hadir di lokasi mengungkapkan bahwa bahwa ribuan mahasiswa UPI , IPB, Unpad, STT Telkom dan 11 perguruan tinggi lainnya, serta mahasiswa lainnya di luar Jawa barat dan DKI Jakarta akan terus saling bahu membahu dalam membantu menyukseskan program KKN Tematik Citarum Harum.

“Mahasiswa diajak untuk menjaga keberlangsungan KKN Citarum Harum. Pihak Universitas akan meluncurkan KKN model Sabtu Minggu dan KKN model blok 40 hari,” pungkas Rektor Asep.

 

Dalam gebyar edukasi KKN tematik ini Menristekdikti menyerahkan 2 incinerator dan bibit kopi kepada komandan sektor. Demam Asian Games 2018 terasa melalui penyerahan 120 bola sepak dan bola volley dari KONI.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Foto Narasi Tunggal Siaran Pers Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KKN Tematik Mempercepat Pengendalian Pencemaran Citarum