BeritaInformasiRakor RBPublikasi

Dengan Kolaborasi dan Inovasi, Kemenko Marves Siap Wujudkan RB 100%

Dibaca: 32 Oleh Selasa, 2 Maret 2021Tidak ada komentar
Dengan Kolaborasi dan Inovasi, Kemenko Marves Siap Wujudkan RB 100%
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-139/HUM/ROKOM/SET.MARVES/II/2022

Marves – Bandung, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalui Biro Hukum menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Reformasi Birokrasi (RB), pada Rabu (2-3-2021). Rakor ini mengusung tema Kolaborasi dan Inovasi Kemenko Marves Menuju RB 100%.

Acara yang diadakan di Hotel Ibis Trans Studio Bandung ini dibuka oleh Sekretaris Kementerian Koordinator, Agung Kuswandono. Dalam arahannya Sesmenko Agung mengatakan bahwa Reformasi Birokrasi mengarahkan para birokrat untuk menjadi pelayan masyarakat yang baik, dan hal ini berkaitan dengan budaya kerja yang ada di Kantor Kemenko Marves, yaitu PATEN.

“Di Kemenko Marves kita punya coorporate values yaitu PATEN (Passion, Accountable, Teamwork, Efficient/Effective, dan Networking). Hari ini saya ingin mengangkat ini terutama yang berkaitan dengan Passion. Passion ini berkaitan dengan hati. Dalam bekerja jika kita tidak dengan hati, maka pekerjaan itu akan terasa berat. Tetapi jika kita bisa bekerja dengan hati, maka kita akan menikmati pekerjaan tersebut,” kata Sesmenko Agung.

Sesmenko Agung menambahkan dirinya berharap agar Kemenko Marves bisa menjadi organisasi dengan pegawai yang betul-betul bekerja dengan hati. Terkait hal ini Kemenko Marves tidak bisa bergerak sendiri. Kemenko Marves, menurutnya membutuhkan dukungan dari para stakeholder 7 K/L di bawah koordinasinya untuk turut mengembangkan Reformasi Birokrasi di Kemenko Marves.

“Untuk itu kita undang stakeholder kita. Sebagai ASN yang sama-sama pelayan negara, mari kita bekerja sama menyatukan pendapat, arah, dan tujuan untuk mencapai target yang sudah ditentukan tadi yaitu menuju RB 100%,” tuturnya.

Terkait target RB 100%, Sesmenko Agung meyakini bahwa hal tersebut tentu pasti bisa dicapai. Asal ada kemauan untuk mencapai target tersebut. Oleh karena itu, menurutnya Rakor ini sangat penting untuk membangkitkan semangat agar Kemenko Marves dalam melayani masyarakat, bisa menjadi pelayan yang terbaik.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Hukum Budi Purwanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi nilai dari organisasi Kemenko Marves yang disebut PATEN tadi. “Kita ingin mengikuti Reformasi Birokrasi yang ada di Kemenko-Kemenko yang lain yang Insya Allah sudah mencapai 100%, ini yang harus kita kejar,” ungkap Karo Budi.

Lebih lanjut Karo Budi memaparkan Kemenko Marves pada November 2020 lalu telah menetapkan Kepmenko nomor 136 tahun 2020 tentang roadmap Reformasi Birokrasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi 2020-2024.

“Ini adalah satu roadmap perjalanan yang harus kita tempuh agar Kemenko Marves ini mengetahui dan sadar terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama 5 tahun mendatang. Dan ini sudah kita mulai, kita akan kejar sekuat tenaga. Semoga tahun 2021 pada bulan Maret ini kita semua bisa mencapai minimal 80%,” jelas Karo Budi.

Terkait pelaksanaan RB, Karo Budi mengatakan sejak 2016 hingga 2019 Kemenko Marves telah berkategori baik. Ini terlihat dari naiknya persentase setiap tahunnya di mana pada 2016 pelaksanaan RB Kemenko Marves mencapai 60,34%, tahun 2017 menjadi 62,82%, kemudian 2018 kembali naik menjadi 65,95%, dan terakhir pada 2019 menjadi 69,13%.

“Walaupun naiknya sedikit-sedikit, kita berharap nilai RB kita di 2020 menjadi minimal 80% dan tahun 2024 cita-cita kita mencapai 100%, dan itu tidak bisa bergerak sendiri perlu kolaborasi dan inovasi,” tuturnya.

Lebih lanjut Karo Budi menjelaskan, adapun di dalam roadmap akan mengatur tujuan dan sasaran RB birokrasi. Tujuan RB Nasional yaitu mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih dengan sasaran di antaranya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan pelayanan publik yang prima.

“Untuk tujuan RB Marves saya kira harus se-link dengan tujuan RB Nasional. Tujuan RB Marves yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di Kemenko Marves melalui penerapan TI,” jelasnya.

Dengan sasarannya, tambah Karo Budi yaitu ASN Kemenko Marves yang kapabel, kelembagaan dan pengelolaan anggaran yang akuntabel, dan pelayanan yang berbasis pada inovasi dan teknologi informasi.

Untuk mendapatkan saran dan masukan terkait Reformasi Birokrasi, Karo Budi mengundang narasumber salah satunya adalah Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala Kementerian PUPR, Canka Amprawati Suryadi Putri. Dirinya mengatakan berdasarkan rekomendasi dari Kemenpan-RB, KemenPUPR memiliki capaian RB terbaik pada 2019. Oleh karena itu Kemenko Marves menghadirkan KemenPUPR dalam rakor ini agar Kemenko Marves bisa mengikuti atau meniru apa saja yang telah dilakukan oleh Kemen PUPR terkait mengejar target RB minimal 80% pada 2021 ini.

Karo Canka dalam paparannya mengatakan terkait Reformasi Birokrasi Kementerian PUPR telah melakukan beberapa inovasi dalam rangka mewujudkan transformasi kelembagaan di antaranya, Pedoman Budaya Integritas yang tertuang pada Permen PUPR No. 26 Tahun 2017.

“Kalau di Kemenko Marves punya PATEN, kami punya iProve (Integritas, Profesional, Orientasi Misi, Visioner, dan Etika Akhlakul Karimah), jadi sebagai ASN tidak bisa kalau tidak beretika pak, kami Akhlakul karimah dari mulai 2017 sudah dicanangkan,” jelas Canka.

Kemudian lebih lanjut Canka menjelaskan, KemenPUPR juga fokus juga pada penyusunan Matriks 9 Strategi Anti Fraud. mengedepankan transformasi digital, dan untuk menjamin program yang ada di KemenPUPR, KemenPUPR juga memiliki Diklat berbasis kompetensi (ISO 9001:2015), penerapan sistem merit, pembangunan politeknik PUPR, penerapan kode etik dan kode perilaku, program padat karya, program bantuan stimulan rumah swadaya, dan tanggap darurat bencana.

Sebagai penutup Karo Budi menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya ini suatu kolaborasi dan inovasi yang luar biasa.

“Terima kasih kepada kawan-kawan dari K/L yang hadir, kita telah melakukan yang terbaik. Semoga ini menjadi pendorong agar Kemenko Marves menuju nilai RB 100%, bisa kita raih,” tutupnya.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Baca juga:  Pelantikan Sekretaris Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Menko Luhut : Bekerjalah Dengan Cepat dan Baik

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel