cover_bulletin_mei_-_juni_2017__2_

Editor’s Note

Pada bulan Mei 2017 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mengadakan satu event penting, Rapat Koordinasi Nasional perdana bertema Indonesia Poros Maritim Dunia: Dari Sumpah Palapa sampai Nawa Cita. Rakornas ini menjadi tonggak mengingat kembali cita-cita poros maritim dunia, target, tantangan yang harus dihadapi dan pencapaian yang sudah diraih.  Campaign Indonesia Poros Maritim Dunia  terus dikawal. Bulan Mei juga Bulan Bumi, Kemenko Maritim melakukan Aksi Bersih Serentak berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Animo masyarakat untuk berpartisipasi sungguh luar biasa, realita ini menunjukkan sudah ada kesadaran bahwa masalah sampah, khususnya sampah plastik adalah masalah kita semua. Dua event internasional juga dihelat Kemenko Maritim. The 2nd IORA Blue Economy Ministerial Conference (BEC II)  dan The 41st Annual Conference of the Center for Oceans Law and Policy. Menjadi tuan rumah dari event-event internasional memperkuat posisi Indonesia mengarah pada satu target : Indonesia Poros Maritim Dunia.

Beranjak ke bulan Juni 2017, Kita mengingat dan merayakan kelahiran Pancasila. Lambang Negara yang telah merekatkan berbagai suku, bahasa dan budaya Indonesia. Tagar #SayaIndonesia dan #SayaPancasila meramaikan minggu pertama bulan Juni sebagai Pekan Pancasila.  Pancasila juga kembali diangkat oleh Prof. Quraish Shihab dalam buka puasa bersama Keluarga Besar Kemenko Maritim.

Masih seperti edisi sebelumnya, bulletin edisi keempat ini juga dapat diakses melalui laman situs maritim.go.id. Akhir kata,   menutup catatan ini, Biro Informasi dan Hukum mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga kita semua kembali fitri, menjadi karakter berintegritas siap menghadapi  tantangan mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. ***

Djoko Hartoyo

 

Buletin_Mei-Juni_2017

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *