Maritim – Jakarta, Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kemaritiman yang digelar di Jakarta, Kamis (4/5) Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah sedang fokus mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia menjadi poros maritim dunia salah satunya dengan membangun konektifitas dan logistik laut.

Lebih jauh, presiden mengatakan bahwa pemerintah sedang fokus membangun konektifitas maritim melalui tol laut. “Kita tidak ingin ada disparitas harga antara Indonesia bagian timur dan barat, dan dengan program ini sudah ada penurunan harga antara 20-25% di beberapa kabupaten,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah telah membangun 40 pusat logistik di Indonesia timur dan barat. Pusat-pusat logistik tersebut merupakan pengembangan program tol laut yang berupa penyediaan komoditas bahan pokok yang dijual ke masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terpencil atau terluar.

Selain mengembangkan program tol laut, Menko Luhut mengatakan bahwa pemerintah juga sedang berupaya membenahi infrastruktur pelabuhan dan mengurangi cost pemanfaatan pelabuhan. “Soal biaya logistik yang mahal karena beberapa inefisiensi di pelabuhan masih perlu terus dibenahi,” jelas Menko.

Lebih detil tentang program Tol Laut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang hadir dalam Rakornas Maritim 2017 menambahkan bahwa program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Hadirnya tol laut di tengah-tengah masyarakat akan semakin menjamin ketersediaan barang melalui angkutan barang yang terjadwal sehingga akan semakin meningkatkan kemandirian bangsa Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya yang berada di wilayah timur Indonesia,” ujarnya.

Pelaksanaan tol laut didukung oleh sistem distribusi dan konsolidasi barang yang ditandai dengan dioperasikannya 13 trayek pada tahun 2017, dengan rincian sebanyak 6 trayek dilayani oleh PT. Pelni melalui penugasan, dan sebanyak 7 trayek dilayani oleh perusahaan angkutan laut swasta melalui skema pelelangan umum.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *