Maritim – Jakarta, Inpres no.12 tahun 2016 tentang revolusi mental memberi arahan kepada kementerian koordinator bidang kemaritiman untuk menjadi koordinator Gerakan Indonesia Bersih.

Masalah kebersihan adalah masalah kita semua. Membangun perilaku menjaga kebersihan adalah intervensi pemerintah untuk menanamkan kebersihan sebagai budaya.

Masalah kebersihan yang mengemuka adalah masalah sampah plastik. Sampah plastik menimbulkan masalah lingkungan karena sifat plastik yang tidak mudah terurai serta proses pengolahannya yang menimbulkan toksik dan bersifat karsinogenik.

Indonesia merupakan penghasil sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Studi lanjutan kerja sama penelitian UC Davis dan Universitas Hasanuddin di pasar paotere makassar menunjukkan 23% sample ikan yang diambil memiliki kandungan plastik di perutnya.

Hal ini patut menjadi perhatian kita. Kemenko Maritim mendorong semua pihak untuk berperan aktif dan bersama-sama menanamkan budaya bersih, dan berperilaku bersih untuk menjaga Indonesia lestari bersih dari sampah plastik.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *