Berita

Kuatkan Semangat Bela Negara, Biro Umum Gelar Penguatan Pegawai

Kuatkan Semangat Bela Negara, Biro Umum Gelar Penguatan Pegawai
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Maritim – Sukabumi, Biro Umum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menggelar kegiatan penguatan pegawai di Selabintana Resort, Sukabumi, 17-18 Agustus 2018. Kegiatan yang diisi dengan sejumlah permainan dan pemberian materi bela negara bertujuan untuk menguatkan semangat bela negara di kalangan pegawai.

“Kita ingin menguatkan semangat bela negara di kalangan pegawai sekaligus mengingatkan bahwa penerapan nilai bela negara dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan pernah lupakan bahwa kita memerankan peran penting dalam menjaga kedaulatan bangsa ini,” ujar Kepala Biro Umum, Djoko Hartoyo.

Pada dua hari, peserta diajak untuk memaknai nilai kemerdekaan melalui sejumlah kompetisi. Mulai dari panjat pinang, futsal, tarik tambang, bakiak, makan kerupuk, dan kegiatan lainnya. Hadir sebagai narasumber materi bela negara, Letnan Kolonel Agustina Kurbiana dan Puryati Widyaswara dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kementerian Pertahanan.

Dalam kegiatan ini, pejabat di lingkungan Biro Umum juga mengingatkan semua pegawai agar tetap peduli dan peka dengan lingkungan sekitar, salah satunya dengan membantu masyarakat yang membutuhkan. Nilai ini diwujudkan dengan mengajak anak-anak yatim maupun piatu dari Pondok Pesantren At Taqwa Sukabumi memperingati HUT RI bersama. Mereka juga diajarkan untuk ikut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Gerakan Indonesia Bersih harus terus ditanamkan ke berbagai generasi demi masa depan kita bersama. Ini sekaligus merupakan salah satu implementasi cinta tanah air yang merupakan salah satu nilai dalam bela negara,” tambah Djoko Hartoyo.

Dalam momen ini, tim keamanan dari Biro Umum juga tergerak secara spontan untuk menyumbangkan hadiah yang didapatkan dalam lomba panjat pinang seperti sepeda, peralatan rumah tangga, hingga makanan kepada Ponpes tersebut. Ke depan, Biro Umum akan terus menguatkan kekompakan pegawai melalui berbagai kegiatan. Berbagai wadah kegiatan juga disiapkan agar pegawai dapat menyalurkan potensi dan bakat yang dimiliki.

“Saya berkeinginan, kegiatan serupa bisa dilakukan di tingkat Kementerian, dengan mengundang partisipasi Bapak Menko. Sehingga semua pegawai dapat mendengarkan langsung arahan dari Pak

 

 

Biro Perencanaan Dan Informasi Kemenko Bidang Kemaritiman two

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel