FotoBerita DeputiDeputi 4

Kunjungi TPS3R di Kecamatan Lekok, Deputi Nani Apresiasi Kolaborasi para pihak dalam mengelola sampah berbasis di hulu.

Dibaca: 123 Oleh Kamis, 9 Desember 2021Desember 12th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 12 09 at 14.38.26 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-799/HUM/ROKOM/SET.MARVES/XII/2021

Marves – Jatim, Dalam rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur (Jatim), Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti, melaksanakan kunjungan ke lokasi Tempat Pengolahan Sampah Berbasis Reduce, Reuse, Recycle (TPST3R) di Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Kamis (9/12/21).
TPS3R di Kecamatan Lekok dibangun atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan Project STOP yang dilaksanakan oleh Systemiq dengan dukungan PT. Nestlé Indonesia.

Sejak diresmikan secara daring oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada bulan Februari 2021, TPS3R di Kecamatan Lekok ini telah mulai beroperasi dengan kapasitas maksimum sebesar 30 ton/hari dengan target cakupan layanan di 10 kelurahan. Mengenai hal tersebut, Deputi Nani mengapresiasi kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat dan swasta yang turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah melalui upaya pemilahan sampah organik dan non-organik diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA, dan mengurangi resiko kebocoran sampah plastik ke lingkungan.

Baca juga:  Kemenko Marves Sempurnakan Finalisasi Draft Perpres Rencana Aksi Kebijakan Kelautan Indonesia (Renaksi KKI) bersama Berbagai Kementerian dan Lembaga

“Inisiatif ini sangat baik dan patut menjadi contoh untuk daerah-daerah lainnya di Indonesia. Tempat pengelolaan sampah berbasis di hulu dan dikelola oleh kelompok masyarakat diharapkan menjadi solusi untuk mengentaskan permasalahan sampah, sehingga tidak bisa lagi mengandalkan TPA sebagai akhir dari penanganan sampah”, kata Deputi Nani.

“Masalah persampahan perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak. Kolaborasi pemerintah dan pihak swasta merupakan contoh yang baik sebagai bentuk komitmen bersama untuk menyelesaikan masalah pengelolaan sampah. Kami mengapresiasi upaya serta inisiatif dari Project STOP, Nestlé, dan mitra lainnya untuk mengimplementasikan ekonomi sirkular dan mendorong penanganan sampah yang terintegrasi sejak dari sumbernya”, ditambahkan Deputi Nani.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya, yang juga hadir pada kunjungan tersebut menyampaikan bahwa Pemda Pasuruan sangat concern untuk menangani persoalan sampah dan mendorong kelompok masyarakat melalui Badan Usaha Milim Desa (BUMDES) sebagai operator TPS3R seperti ini.

“Pemda telah mengalokasikan anggaran baik melalui APBD ataupun melalui Dana Desa untuk membantu operasionalisasi TPS3R ini”, ucap Sekda Anang.

Baca juga:  Suar Kemaritiman Edisi 10 Juli 2018

Tantangan yang dihadapi saat ini, lanjut Sekda Anang, adalah bagaimana melakukan perubahan perilaku masyarakat untuk dapat secara mandiri melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik sejak dari rumah.

“Dalam kurun 2 tahun ini, kami telah melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat yang masuk dalam wilayah layanan TPS3R namun baru sekitar 30% saja masyarakat yang mau ikut terlibat aktif”, demikian ditambahkan oleh Ibu Christia, mewakili STOP Project Pasuruan.

Asisten Deputi (Asdep) Pengelolaan Sampah dan Limbah, Rofi Alhanif, menambahkan bahwa pengelolaan sampah dengan pendekatan ekonomi sirkular seperti di TPS3R ini selain berkontribusi bagi terciptanya lingkungan yang lebih bersih, juga bisa menggerakan ekonomi lokal, seperti di TPS3R Lekok ini yang mempekerjakan tidak kurang dari 80 pegawai yang merupakan mayarakat setempat dibawah binaan Bumdes dan PKK Kecamatan.

Kepada pihak Nestlé, Asdep Rofi meminta agar kedepannya TPS3R Lekok ini perlu mendapat tambahan bantuan peralatan untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan residu hasil pemilahan menjadi produk yang bermanfaat seperti RDF sehingga pemanfaatannya menjadi lebih optimal dan residu sampah yang dikirim ke TPA.

Baca juga:  Tidore Sukses Sebagai Tuan Rumah Pertemuan Internasional GMNC ke X dan Siap Menyongsong Sail Tidore 2021

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel