ArtikelBerita

Laksanakan Amanat PP No.39/2006, Kemenko Marves Adakan Bimtek

Dibaca: 41 Oleh Selasa, 30 Maret 2021April 2nd, 2021Tidak ada komentar
Laksanakan Amanat PP No.39/2006, Kemenko Marves Adakan Bimtek
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS
No.SP-209/HUM/ROKOM/SET.MARVES/III/2021

Marves – Bogor, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (kemenko Marves) melalui Biro Perencanaan (Roren) menjalankan amanat Peraturan Pemerintah dalam hal pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan serta melaksanakan kewajiban laporan anggaran. Pelaksanaan amanat tersebut dilakukan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi E-Monev Bappenas di Bogor (30-03-2021).

“Kami menginisiasi pelaksanaan bimtek ini untuk agar para operator dapat mempraktekan aplikasi E-Monev Bappenas sebagaimana yang telah diamanatkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan,” ucap Kepala Biro Perencanaan, Arif Rahman, pada pembukaannya.

Menurut Karo Arif, para operator pelaporan dalam pelaksanaan perencanaan pembangunan perlu memahami dengan lengkap agar pelaksanaan kegiatan pembangunan dapat termonitor dengan baik.

Dirinya menambahkan bahwa dalam penilaian perolehan nilai kinerja anggaran, Kemenko Marves masuk dalam kategori perolehan nilai kinerja anggaran terbaik dengan nilai 95,58.

“Hasil kerja keras kita sebelumnya itu harus kita pertahankan bahkan perlu kita tingkatkan. Makanya melalui Bimtek ini diharapkan para operator dapat lebih memahami dan setiap unit kerja dapat memberikan data-data semaksimal mungkin,” tambah Karo Arif.

Baca juga:  Menko Luhut Gandeng Singapura untuk Hadapi Era Ekonomi Digital

“Dua hal yang menjadi perhatian fokus kami adalah pertama terkait kelengkapan dan akurasi data yang akan membantu proses pemantauan evaluasi dan pengendalian pelaksanaan rencana menjadi lebih baik,” sambung Perencana Madya Bappenas, Indra Wisaksono.

Hal kedua yang menjadi fokus Perencana Madya Indra adalah terkait ketepatan waktu pemantauan. Hal tersebut menurutnya, akan membantu proses pengendalian lebih cepat.

“Saran saya kepada bapak/ibu unit kerja di Kemenko Marves agar memahami business prosesnya sehingga aktivitas dilapangan dapat dilaporkan dengan baik dan dapat diketahui outputnya apakah koordinasi pelaksanaan kebijakan energi atau menghasilkan rekomendasi kegiatan,” saran Perencana Madya Indra.

Terkait dengan pelaksanaan Bimtek, Kepala Bagian Akuntabilitas Kinerja Biro Perencanaan, Yetri Fermila, menyampaikan,
“Kegiatan ini memang untuk mempermudah dilaksanakannya pemantauan dan evaluasi. Serta mempermudah proses pelaporan kegiatan yang dilakukan,” ucap Kabag Yetri.

Dirinya menambahkan bahwa selepas pelaksanaan Bimtek tersebut, diharapkan dapat tercipta pelaporan yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan rencana pembangunan.

“Pada kesempatan ini, para peserta akan mencoba melaksanakan pengisian pelaporan dengan didampingi oleh Mas Riko (Tenaga Ahli Bappenas, Ricko Anugrah Mulya Pratama) yang akan membimbing pengimputan,” jelas Kabag Yetri.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Acara Penyambutan Bulan Suci Ramadhan 1438 H

“Pemahaman yang dimiliki oleh setiap pegawai akan memberikan andil dalam upaya kita memperoleh nilai kinerja terbaik. Saya akan terus mengingatkan bahwa untuk mendapatkan nilai kinerja terbaik perlu dukungan semua pejabat yang berkaitan dengan pelaksanaan perencanaan monitoring dan evaluasi ini,” pesan Karo Arif.

Dirinya menambahkan bahwa keterlibatan dan dukungan para pejabat terkait akan memberikan kontribusi untuk pencapaian nilai kinerja terbaik sesuai harapan kita semua.

Sebagai informasi, pelaksanaan kegiatan Bimtek ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta diwajibkan menggunakan masker sepanjang jalannya kegiatan serta tetap menjaga jarak.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel