Rakor RBPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Lakukan Terobosan, Kemenko Marves Seleksi Agen Perubahan Reformasi Birokrasi dari Kalangan Milenial

Dibaca: 8 Oleh Rabu, 2 Desember 2020Tidak ada komentar
Lakukan Terobosan, Kemenko Marves Seleksi Agen Perubahan Reformasi Birokrasi dari Kalangan Milenial
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves — Jakarta, Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik. Bentuk implementasi dari reformasi birokrasi ini adalah mendorong munculnya agen-agen perubahan yang tidak hanya berasal dari generasi senior namun juga generasi milenial di lingkup Kemenko Marves.

Pada hari Rabu (2-12-2020), bertempat di Kantor Kemenko Marves, dilakukan seleksi agen-agen perubahan yang merupakan perwakilan dari masing-masing unit eselon I di Kemenko Marves. Namun, proses seleksi kali ini ditujukan untuk memilih agen perubahan dari kalangan milenial yakni para Aparatur Sipil Negara (ASN) muda. Pemenang seleksi tersebut akan menjadi salah satu Pembicara dalam workshop nasional bertajuk Millennial’s Talk: Millenials in maritime international investment cooperation pada Hari Senin (8-12-2020).

Kepala Biro Hukum Kemenko Marves Budi Purwanto pada pembukaan seleksi menyampaikan bahwa untuk mengimplementasikan Reformasi Birokrasi khususnya pada area Manajemen Perubahan, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. “Dalam proses evaluasi ini kita nilai pelaksanaan rencana kerja individu Agen Perubahan serta melihat perkembangan implementasi dan inovasi apa saja yang telah dibuat pada masing-masing unit kerjanya,” ujarnya.

Baca juga:  Selaraskan Kesiapan Perjalanan Dinas Luar Negeri, Kemenko Marves Selenggarakan Workshop Perjalanan Dinas Luar Negeri di Era New Normal

Menurutnya, seleksi agen perubahan dari kalangan milenial ini sendiri merupakan terobosan yang belum pernah dilakukan di kementerian lain. “Kita akan terus lakukan pembinaan dan menjaring para agen perubahan dari unit kerja terkecil untuk membuat Kemenko Marves menjadi semakin baik,” kata Karo Budi.

Sebagai informasi, sebelumnya telah dilakukan survei penilaian agen perubahan kemenko marves secara daring per unit eselon I. Pelaksanaan survei dilakukan menggunakan kuesioner online dengan batas waktu pengisian survei yang telah ditentukan yaitu sampai tanggal 26 November 2020. Metode penilaian yang digunakan adalah dengan penilaian 360 derajat yaitu Agen Perubahan dinilai oleh Pemimpin perubahan (Eselon II), sesama Para Agen Perubahan dan Pegawai (non Agen Perubahan) di masing-masing unit kerja eselon I.

Hasil survei kemudian diolah menggunakan metode kuantitatif berupa nilai indeks. Kategori penilaian antara lain Agen Perubahan, Agen Perubahan Milenial yaitu kelahiran tahun 1980 ke atas atau usia 40 Tahun ke bawah. Yang terpilih kemudian harus memaparkan inovasi-inovasi yang dibuatnya di hadapan Inspektur, para Kepala Biro, dan Para Sekretaris Deputi.

Baca juga:  Aplikasi YachtERS: Percepat Proses Perizinan Kapal Yacht di Indonesia

Berbagai macam inovasi yang dibuat oleh para kandidat mulai dari ide pembuatan aplikasi yang menyatukan Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) dengan Kontrol Manajemen Proyek (KMP), penyediaan website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang menyediakan berbagai fitur berkaitan dengan dokumen hukum maupun konsultasi hukum, hingga inovasi program webinar yang melibatkan narasumber-narasumber milenial.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel