Berita

Lawan Covid-19, Kemenko Marves Gandeng Bank DBS Indonesia Sumbang Peralatan Medis dan Paket Sembako Senilai 26,2 Miliar Rupiah

Dibaca: 143 Oleh Kamis, 14 Mei 2020Tidak ada komentar
Lawan Covid-19, Kemenko Marves Gandeng Bank DBS Indonesia Sumbang Peralatan Medis dan Paket Sembako Senilai 26,2 Miliar Rupiah
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Jakarta, Dalam rangka mempercepat pemutusan penyebaran rantai virus Covid-19, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia menyalurkan bantuan berupa alat tes deteksi virus corona untuk para tenaga medis Indonesia.

“Saya dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah banyak sekali bekerja sama sejak mungkin tahun 2014 hingga saat ini. Saya senang tadi bahwa Kepala BNPB sudah mengatakan bahwa ini akan segera dibagikan ke tempat yang membutuhkan sehingga membuat lebih efektif lagi kita bekerja untuk penanganan Covid-19 ini,” sambut Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan saat Video Conference Acara Penyerahan Bantuan Fasilitas Kesehatan Covid-19 dari Bank DBS Indonesia di Jakarta pada Kamis (14/05/2020).

Lebih lanjut, Menko Luhut mengapresiasi bahwa langkah-langkah yang sudah dilakukan DBS ini merupakan upaya yang baik. “Dari hari ke hari, kita lihat organisasi Satgas ini sudah membaik, bekerja semakin efisien dan semakin efektif dan saya pikir juga penanganan di lapangan semakin bagus. Kami juga sudah mulai merencanakan untuk mulai melonggarkan di beberapa tempat. Mungkin Bali, Manado, Yogyakarta atau mungkin Batam dan Bintan yang kasusnya paling kecil. Kalau melihat dari data-data tadi juga, hari ini sudah membaik lagi dari kemarin. Sekali lagi terima kasih untuk teman-teman semuanya,” pungkas Menko Luhut.

Baca juga:  'Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia'

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo, turut hadir dalam kegiatan serah terima ini. “Partisipasi dari Bank DBS Indonesia ini akan memperkuat strategi kami dalam menghadapi pandemi Covid-19. Melalui banyaknya perangkat tes Covid-19 maka masyarakat semakin mudah mendapatkan akses sehingga deteksi pun dapat dilakukan secara cepat. Kami sangat mengapresiasi tindakan dari DBS dan kami juga mengajak organisasi lain untuk turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19,” ujar Kepala BNPB Doni Monardo.

Melalui kesempatan ini, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna juga menyebutkan bahwa hal yang terpenting untuk saat ini adalah akses akan fasilitas tes dan hasil yang bisa didapatkan secara cepat. “Semakin banyaknya akses untuk tes akan membantu upaya penanggulangan laju penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, kami rasakan sangat penting untuk mendonasikan beberapa jenis fasilitas tes Covid-19 kepada Pemerintah,” jelasnya.

Kerja sama antara Bank DBS Indonesia bersama Kemenko Marves diharapkan dapat  menjadi inspirasi bagi berbagai pihak lain untuk turut berpartisipasi dalam membantu negara dalam menghadapi Covid-19, juga tentunya membantu masyarakat mendapatkan akses tes dan kebutuhan dasar pokok bagi pekerja harian yang terdampak pandemi ini. Peralatan medis yang didonasikan antara lain: 100.000 Rapid Test Kits, 15.000 Virus Transport Medium (VTM) Kits, 5.000 Swab Test Kits dan dua mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dan perangkat tesnya sebanyak 3.000 unit yang akan disalurkan secara bertahap.

Baca juga:  Gerakan Bersih dan Senyum Harus Dimulai Dari Diri Sendiri

Selain mendonasikan fasilitas medis, Bank DBS Indonesia juga memberikan donasi kebutuhan dasar pokok senilai SGD2,5 juta atau setara dengan 26,2 Miliar Rupiah kepada pekerja harian yang dirumahkan atau terkena PHK akibat pandemi ini.

Biro Komunikasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel