Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Masyarakat Toba Harus Budayakan Hidup Bersih

By 10 Jan 2016 03:42Berita
RR2016010938

TOBA SAMOSIR-Danau Toba merupakan salah satu karya Tuhan paling indah di bumi Sumatera Utara. Sayangnya, danau terluas di Asia Tenggara itu tidak dikelola baik oleh pemerintah, pengusaha dan masyarakat di sekitarnya.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli, saat melakukan penebaran benih ikan di desa Lomban Gaol, Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (9/1). Ia sesali masih banyak sampah dan aroma tak sedap di kawasan wisata Danau Toba.

“Masyarakat Toba harus budayakan hidup bersih. Dalam Revolusi Mental juga ditekankan pentingnya kebersihan. Ini yang saya minta agar warga Batak buat lingkungannya bersih, toiletnya bersih,”kata Rizal.

Gerakan budaya bersih juga akan diterapkan pemerintah pada perusahan-perusahaan yang membuang limbahnya ke Danau Toba. Rizal bahkan mengancam menutup perusahaan yang merusak lingkungan danau.

Selain itu, Rizal juga meminta agar warga di sekitar Danau Toba membudayakan senyum, terutama kepada wisatawan yang mengunjungi danau terluas kedua di dunia itu.

“Orang Batak itu mukanya sangar, tapi jiwanya halus. Kalau dibudayakan senyum, wisatawan nyaman di Danau Toba, itu namanya service friendly,”pesan Rizal

Terakhir Rizal berpesan warga di kawasan Toba berintegritas saat menjamu turis lokal maupun asing, termasuk dalam menawarkan dagangannya. Rizal berpesan warga tidak membiasakan marah-marah ketika barang dagangannya ditawar wisatawan.

“Nantinya Menko Maritim akan bekerjasama dengan kampus-kampus di Sumatera Utara untuk menyebarkan budaya senyum, bersih dan integritas tadi,” demikian Rizal.

Maritim/YSN

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Siaran Pers Narasi Tunggal Berita Artikel Foto Berita Deputi
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Masyarakat Toba Harus Budayakan Hidup Bersih