Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Melalui ENJ 2017, Kemenko Maritim Akan Kirim Ribuan Pemuda ke Wilayah Timur

By 16 Feb 2017 17:18Artikel
image1

Jakarta – Dalam rangka mengenalkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia, Kemenko Bidang Kemaritiman berencana mengirim ribuan pemuda ke wilayah Timur menggunakan dua kapal yakni, ENJ Kapal Perintis dan ENJ KRI Dewa Ruci. Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Persiapan Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Tahun 2017, Kamis (16/02).

“Dalam rapat persiapan ENJ 2017 ini, kami akan mengirimkan pemuda ke wilayah Timur dengan menggunakan dua kapal, yakni ENJ Kapal Perintis milik Pelni berkisar 3000 orang yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa dan ENJ KRI Dewa Ruci milik TNI AL yang jumlahnya lebih sedikit yaitu berkisar 70 orang,” kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, Iptek, dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin.

image3

Safri memaparkan, adapun maksud kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia, menggali potensi pribadi, melatih kepemimpinan, melatih kepedulian sosial, peningkatan bela negara, dan peningkatan kecintaan terhadap NKRI.

Di waktu yang bersamaan, Asisten Deputi Bidang Diklat Maritim Kemenko Bidang Maritim, TB Haeru Rahayu mengungkapkan, kegiatan yang rencananya dilaksanakan pada awal Agustus 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman bagi generasi muda mengenai kawasan dan pulau-pulau terpencil di Indonesia.

“Jadi tujuan ini bukan lain untuk meningkatkan wawasan kemaritiman bagi generasi muda dan penguatan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil, dan wilayah perbatasan, melalui misalnya peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, dan sebagainya,” ujar Tb. Haeru.

“Kegiatan ENJ akan diupayakan untuk disinergikan dengan kegiatan Gerakan Budaya Bersih dan Senyum,” tambah Asisten Deputi Jejaring Inovasi Kemenko Bidang Kemaritiman Tb. Rismunandar.

Dalam rapat yang dihadiri oleh antara lain, Biro Perencanaan Kemenko Maritim, Asdep Jejaring Inovasi, Asdep Olahraga, Seni dan Budaya Maritim, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Biro Informasi dan Hukum Kemenko Maritim, dan Ketua Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia, ini, Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Aris, menyampaikan, bahwa pihaknya sebetulnya sudah melakukan kegiatan yang hampir sama sejak 12 tahun yang lalu dan pada tahun ini juga megadakan kegiatan yang serupa. Namun dirinya berharap agar rencana kali ini dapat berjalan lebih maksimal dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia (APMI) menyatakan akan memberikan dukungan agar ENJ 2017 dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. “APMI siap mendukung rekruitmen peserta ENJ 2017 dan siap mendukung hal-hal lainnya jika dibutuhkan,” jelas Wasekjen APMI Kaisar Akhir.

Diketahui sebelumnya, ENJ adalah program dari kementerian koordinator bidang kemaritiman republik Indonesia, yang bekerja sama dengan beberapa kementerian, di antaranya Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan beberapa kementerian serta lembaga terkait lainnya.

image

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Melalui ENJ 2017, Kemenko Maritim Akan Kirim Ribuan Pemuda ke Wilayah Timur