Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Melalui KKN Tematik, Mahasiswa Ikut Serta Membersihkan Citarum

KKN_Tematik__CitarumHarum__6_

Maritim – Bandung, Pemerintah terus bergerak melakukan pembersihan sungai Citarum. Setelah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, Menko Maritim Luhut Pandjaitan sebagai Ketua Tim Pengarah terus bergerak mengkoordinasikan berbagai instansi menyelesaikan masalah untuk membuat Citarum kembali bersih.

Kali ini, dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga memberi perhatian pada perbaikan Citarum. Menristekdikti Muhammad Nasir meluncurkan KKN Tematik bertema “Sumbangsih Pendidikan Tinggi untuk Wujudkan Citarum Harum” di Bandung (3 Mei 2018). Menko Maritim Luhut Pandjaitan yang juga Ketua Tim Pengarah pada kesempatan ini memberikan pidato kunci dan membuka acara mewakili Presiden Joko Widodo.

Menristekdikti Muhammad Nasir mendorong mahasiswa dan akademisi berperan aktif dalam perbaikan Citarum, “Kementerian Ristekdikti langsung  merespon secepat-cepatnya untuk berkoordinasi dalam hal ini kepada seluruh Rektor di perguruan tinggi negeri se-Jawa Barat,  maupun kepada perguruan tinggi swasta baik di Jawa Barat maupun di DKI dan sekitarnya, kami sudah koordinasikan,  baik dari hulu, tengah maupun hilir jadi di clustering sesuai bidangnya masing-masing.”

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang menjadi ajang pengabdian masyarakat sesuai tema kali ini akan menempatkan mahasiswa berdampingan dengan masyarakat yang tinggal di sekitar Citarum, baik di hulu, tengah maupun hilir.

“Khususnya KKN, jadi nanti akan ada mahasiswa melakukan pendampingan kepada masyarakat,  untuk mengedukasi masyarakat yang kedua inovasi yang dihasilkan di perguruan tinggi harus diimplementasikan kepada masyarakat,  yang ketiga adalah bagaimana agar masyarakat nilai ekonominya ditingkatkan agar ekonominya makin baik.  KKN tematik sekarang sedang berjalan”, disampaikan Menristekdikti Muhammad Nasir kepada media.

KKN Tematik Mempercepat Target 7 Tahun Perbaiki Citarum

Pada bulan Februari 2018, Presiden Joko Widodo memperkirakan diperlukan waktu 7 tahun untuk perbaikan Citarum.

Menristekdikti Muhammad Nasir memiliki keyakinan bahwa melalui KKN Tematik targetnya dalam 2 tahun harus ada pengaruh signifikan, “Karena ada pendampingan mahasiswa, satu, air harus semakin bersih dari kotoran, masalah limbah harus kita bersihkan. Kedua masyarakat secara ekonomi harus menjadi lebih baik,  tingkat kesehatan harus makin baik tingkat pendidikan Harus makin baik,” lanjut Muhammad Nasir.

Menko Maritim Luhut Pandjaitan mengamini apa yang disampaikan Menristekdikti, “Seperti yang sudah dijelaskan oleh Bapak Ristekdikti bahwa, pemberdayaan setiap universitas untuk nantinya KKN tematik itu dilaksanakan di sepanjang sungai ini.  Sehingga nantinya mereka bisa melahirkan inovasi-inovasi.”

Menko Luhut terus mengajak semua pihak lebih peduli lingkungan, “Mahasiswa, kita semua, harus kasih perhatian. Karena lingkungan ini dampaknya sangat lebih besar dari yang kita bayangkan.  Jadi, kita tidak ingin nantinya di masa depan kita mendapatkan generasi yang kuntet (stunting),  bonus demografi kita bukan bonus demografi yang kuntet, tapi bonus demografi yang sehat,” pungkasnya.

Join the discussion 2 Comments

  • Selamat siang,
    Perkenalkan nama saya Saras Tri Kurniasih dari Universitas Gadjah Mada bermaksud untuk mengajukan proposal kerjasama dengan pihak Astra terkait dengan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat di Maradapan, Kalimantan Selatan yang akan kami laksanakan bulan Juni mendatang. Bagaimanakah prosedur pengajuan kerjasama yang harus kami penuhi? Adakah kontak khusus yang dapat kami hubungi secara langsung untuk membicarakan hal ini lebih lanjut?

    Terimakasih.

    • Biro Informasi dan Hukum says:

      surat bisa dikirim ke Biro Perencanaan Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman lt.5 Kantor Kemenko Maritim ex Gedung BPPT 1 Jl.MH.Thamrin No.08 Jakarta Pusat, terimakasih

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Melalui KKN Tematik, Mahasiswa Ikut Serta Membersihkan Citarum