Maritim - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI

Melalui MUAI Kemenko Maritim Ingin Tanamkan Wawasan Kemaritiman Sejak Dini

cilincing 2

Maritim – Jakarta, Seiring dengan target pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman terus berupaya menanamkan jiwa kemaritiman sejak dini kepada generasi muda, di antaranya dengan menyambangi SDN Cilincing 03 dan SDN Kalibaru 01 Jakarta Utara, kali ini Kemenko Maritim mengadakan acara “Maritim Untuk Anak Indonesia (MUAI). Program ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan wawasan kemaritiman sejak dini.
Asisten Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kemenko Maritim, Tb. Haeru Rahayu yang turut menghadiri acara tersebut menjelaskan, tujuan diadakannya MUAI ini adalah demi mendorong generasi muda, khususnya para siswa setingkat SD agar mereka bisa mengenal lebih jauh lagi mengenai bidang kemaritiman secara komprehensif, dengan harapan dapat menumbuhkan minat pada berbagai profesi di bidang maritim.
“Dengan MUAI ini diharapkan mereka kelak mempunyai minat yang kuat pada profesi di bidang maritim, seperti nahkoda, TNI AL dan berbagai profesi lain di bidang maritim,” ujarnya, Selasa (23-5-2017).
Sementara Manajer Pelayanan Publik, PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni), Capt. Rina Trianasari yang turut diundang sebagai pembicara di acara MUAI tersebut, menuturkan, dirinya sangat mengapresiasi program yang dicetuskan oleh Kemenko Maritim. Karena menurut Rina, melalui acara MUAI ini anak-anak setingkat sekolah dasar (SD) dapat termotivasi untuk meraih cita-cita di bidang kemaritiman.
“Yang saya lihat anak sekarang hampir tidak ada yang minat pada profesi nahkoda, padahal itu bergengsi dan salarynya tinggi. Apalagi sekarang program pemerintah ingin menjadikan kita sebagai poros maritim dunia. Oleh karena itu, ke depan pasti akan banyak dibutuhkan sumber daya potensial di profesi bidang maritim. Meskipun tinggal di sini mereka awam, makanya kita harus seringkali sosialisasi, Kemenko Maritim saya kira sudah menunjukkan upaya terbaiknya” imbuhnya.
Menurut pantauan, animo dan semangat anak-anak SDN Cilincing 03 dan SDN Kalibaru 01 dalam mengikuti rangkaian acara MUAI sangat antusias, hal ini pun dibenarkan oleh salah seorang guru di SDN Cilincing 03, Uday Suyadi. Ia menilai program dari Kemenko Maritim telah berhasil memperkenalkan dan menanamkan jiwa kemaritiman bagi peserta didiknya. Uday pun berharap agar program ini terus berkesinambungan dan jangan sampai terputus di tengah jalan.
“Kami sangat bersyukur dengan adanya kepedulian dari pemerintah, kami berharap hal ini tidak putus di tengah jalan. Berbagai upaya pemerintah untuk mengenalkan jiwa kemaritiman sejak dini akan senantiasa kita dukung, karena tidak dapat dipungkiri sebenarnya kita adalah bangsa maritim, jadi sudah saatnya kita kembali ke lautan, karena di sanalah kita pernah jaya dan akan kembali jaya di kemudian hari,” tegas Uday.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Melalui MUAI Kemenko Maritim Ingin Tanamkan Wawasan Kemaritiman Sejak Dini