ArtikelBeritaFotoPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Menindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi, Kemenko Marves Pertajam Kamus Kompetensi Teknis

Dibaca: 25 Oleh Rabu, 7 April 2021April 9th, 2021Tidak ada komentar
Menindaklanjuti Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi, Kemenko Marves Pertajam Kamus Kompetensi Teknis
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Siaran Pers

No.SP-233/HUM/ROKOM/SET.MARVES/IV/2021

Marves–Bogor, Dalam rangka menindaklanjuti hasil evaluasi Reformasi Birokrasi pada tahun 2016 dan 2017, yaitu untuk menyusun dan menetapkan Standar Kompetensi Jabatan (SKJ), perlu adanya langkah awal dengan menyusun Kamus Komptensi Teknis. Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui Biro Hukum melaksanakan Rapat Koordinasi Pembahasan dan Validasi Kamus Kompetensi Teknis Kemenko Marves pada Rabu-Jumat, 7-9 April 2021 di Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Agung Kuswandono menyampaikan dalam rangka pengembangan kompetensi dan pola pengembangan karier pegawai maka seluruh Kementerian dan Lembaga harus menyusun dan menetapkan Standar Kompetensi Jabatan untuk seluruh jabatan. Oleh karena itu perlu disusun Kamus Kompetensi Teknis masing-masing Kementerian/Lembaga.

“Rapat ini merupakan tindak lanjut dari rapat-rapat sebelumnya dan sudah dibentuk juga tim penyusun kamus kompetensi teknis. Saat ini yang perlu kita lakukan adalah mempertajam lagi kamus ini karena pasti ada perubahan-perubahan dan hal baru yang perlu kita lengkapi di kamus kompetensi teknis ini,” kata Sesmenko Agung Kuswandono saat membuka acara tersebut.

Rapat ini mengundang narasumber yaitu, Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur, serta perwakilan dari tiga Kemenko lainnya untuk memberikan masukan terkait kamus kompetensi teknis ini.

Baca juga:  Dukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak-Bakauheni-Lampung, Menko Luhut Resmikan SPKLU Baru

Selain Kemenko Marves, kemenko lain juga sudah mempunyai kamus Kompetensi Teknis. kemenko Marves akan mengundang perwakilan kemenko lainnya untuk ikut berpikir dan mendalami kamus kompetensi teknis ini. “Tolong kepada para perwakilan Kemenko untuk memberikan masukan sehingga kami bisa mengembangkan kamus ini dengan baik. Selain itu juga mengundang KemenpanRB sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman tentang Konsep Penyusunan Kamus Kompetensi Teknis dan SKJ dan menyampaikan saran masukkan terhadap kamus yang telah disusun Kemenko Marves. Kami sangat memohon masukannya untuk melengkapi kamus ini agar menjadi lebih baik,” tambah Sesmenko Agung.

Sesuai dengan amanat PermenPANRB No 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan ASN, untuk setiap K/L dan Pemerintah Daerah wajib menyusun Standar Kompetensi ASN. Kepala Biro Hukum Budi Purwanto menyampaikan SKJ ini adalah salah satu unsur dalam kemajuan Reformasi Birokrasi (RB) Kemenko Marves.

“SKJ Ini merupakan bagian yang sangat penting dalam kemajuan RB kita. Kita terus melakukan berbagai upaya melakukan perbaikan terkait hasil evaluasi RB dari KemenpanRB dan mudah-mudahan di bulan April ini kita dapat mendapatkan hasil yang terbaik. InsyaAllah RB kita 80,” kata Karo Budi.

Kemenko Marves melibatkan seluruh unsur Sekretariat dan Deputi di Kemenko Marves telah melakukan serangkaian pembahasan penyusunan kamus kompetensi yang melibatkan semua stakeholder mulai dari pimpinan dan pelaksanan seluruh unsur di Kemenko Marves sesuai dengan SK Tim Penyusun Kamus Kompetensi Teknis dan SKJ.

Baca juga:  Sesmenko Marves Lantik 8 Pejabat Fungsional Auditor

“Kami ingin laporkan kepada kawan-kawan dari PANRB setiap kegiatan strategis sesuai arahan dari MenpanRB komitmen pimpinan dari lini teratas hingga terbawah terus menggali potensi untuk menetapkan SKJ ini. Terima kasih para pimpinan yang telah hadir. Ini menunjukkan komitmen kita tidak hanya dalam penyusunan SKJ tapi juga penyusunan standar-standar lainnya. Ini menunjukan komitmen pimpinan Kemenko Marves yang luar biasa,” tambah Karo Budi.

Hasil dari diskusi panjang dan pembahasan di Tim Penyusun yang disampaikan, untuk rancangan kompetensi teknis umum di Kemenko Marves yaitu formulasi kebijakan di bidang kemaritiman dan investasi, pengendalian Kebijakan di bidang Kemaritiman dan Investasi telah diselesaikan dengan baik.

“Kami menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh lini pimpinan baik yang sudah berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga penyusunan SKJ ini dapat kita selesaikan dengan baik. Sekarang kita tinggal menunggu validasi PANRB dan semoga segera kita terima hasilnya,” ungkap Karo Budi.

Adapun rancangan kompetensi teknis khusus di Kemenko Marves memperhatikan Tugas dan Fungsi atau Urusan yang ada di masing-masing unit Deputi. Sedangkan rancangan Kompetensi Teknis Bagi Kepala Biro, Inspektur dan Sekretaris Deputi (urusan kesekretariatan) mengacu pada Rancangan Kamus Kompetensi Urusan Kesekretariatan yang tengah di validasi oleh Kementerian PAN dan RB.

Baca juga:  Menko Luhut Pimpin Rakor dengan Pelaku Usaha di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba

“Kami mengapresiasi Tim dari Kementerian PANRB yang terus memberikan support, panduan, pendampingan serta masukan kepada rancangan kamus kompetensi di Kemenko Marves. Hasil akhir dari pada penyusunan Kamus Kompetensi ini akan kami sampaikan kepada Kementerian Koordinator lainnya untuk diproses lebih lanjut sesuai ketentuan perundang-undangan,” tutup Karo Budi.

Sesmenko Agung juga mengingatkan kepada para peserta untuk terus menerapkan corporate value Kemenko Marves, yaitu Passion, Accountable, Teamwork, Effective and Efficient, dan Networking (PATEN) dalam setiap melaksanakan pekerjaan.

“Kita sudah punya corporate value, PATEN harus kita terapkan setiap saat kita melaksanakan pekerjaan kita sehari-hari di Kemenko Marves. Apapun kegiatannya kita harus terapkan PATEN, jika bekerja dengan senang hati maka akan muncul pikiran atau ide yang out of the box, banyak hal yang bisa kita kembangkan dan kita terus berkembang di Kemenko Marves,” ungkap Sesmenko Agung.

Acara ditutup dengan penyematan “Saya sudah divaksin” secara simbolis kepada perwakilan peserta dan tamu dari KemenpanRB dan para Kemenko oleh Sekretaris Kementerian Koordinator dan diikuti oleh seluruh peserta rapat koordinasi.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel