BeritaSiaran Pers

Menko Luhut Buka Kejuaraan PON PAPUA XX dan Resmikan Mimika Sport Center

Dibaca: 73 Oleh Selasa, 5 Oktober 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 10 05 at 16.33.04 1
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS

No.SP-627/HUM/ROKOM/SET.MARVES/X/2021

MarvesPapua, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan melaksanakan pembukaan acara kejuaraan PON Papua XX Cabang Atletik di Timika, Papua. Selain itu, Menko Luhut juga meresmikan Mimika Sport Center di sana.

“Jadi saya sudah membuka kejuaraan atletik dan saya senang hati karena ada Menteri Kesehatan, karena beliau sekalian melihat Covid, melihat vaksinasi dan saya senang lagi ada Pak Tony Wenas CEO dari Freeport Indonesia. Tadi kami sepakat bahwa atletik ini harus maju,” kata Menko Luhut di Mimika Sport Center, Timika, Papua, Selasa (05-10-2021).

Menko Luhut yang juga sekaligus Ketua Umum PB PASI ini memaparkan, dalam memajukan atletik di Indonesia, pihaknya akan berusaha membuat training center di Timika tersebut dengan di mana nantinya puluhan atlet akan bersekolah di sana.

“Sekitar kurang lebih 25 atau berapa puluh atlet akan sekolah di sini, nanti sponsor oleh Freeport dan kami akan memberikan satu pelatihan untuk atlet-atlet kita seperti nanti akan bicara atlet lari 5000 m, 10.000 m, marathon, dan juga tadi ada jarak 100 m, 200 m, dan 400 m. Kemudian kita urus semua makannya, nanti Freeport dengan kami kerjasama,” ujarnya.

Baca juga:  Menko Luhut Melakukan Kunjungan ke Isoter Pria di Klaten, Jawa Tengah

Selain pelatihan tersebut, nantinya para atlet juga akan mendapatkan pembelajaran umum seperti Matematika, Fisika, dan Bahasa inggris, serta Wawasan Kebangsaan.

“Nah itu mereka pelatihnya kami siapkan, pelatih sekarang kita rekrut bekas-bekas atlet yang bagus, kita train. Mudah-mudahan nanti pada akhir tahun long hiking dari stadion yang tidak semegah ini tapi standard lapangannya itu standard bagus pada ketinggan 1200 m,” jelas Menko Luhut.

Untuk pelatihan tersebut, Menko Luhut memaparkan seperti pelatihan lari 5000 m, 10.000 m, marathon, dan juga jarak 100 m, 200 m, dan 400 m. Pelatihan ini juga menurutnya dikarenakan Indonesia sepertinya spesialis dalam atlet lari.

“Nah sama kita akan bikin asramanya di sana maka juga bikin program sekolah sehingga nanti para atlet kita juga punya masa depan. Nanti siapa, nanti kita akan cari sponsor lain untuk khusus nanti Indonesia Timur, dari mana aja itu, bisa Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi nah itu nanti akan berlatih di sana dan juga ada di Jakarta jadi dia bisa bolak-balik dan nanti kalau kita anggap ada yang naik dari sini bukan tidak mungkin kita sekolahkan ke luar untuk mereka maju,” papar Menko Luhut.

Baca juga:  RR Kunjungi Lokasi Pengembangan Pelabuhan Lembar

Sehingga, lanjut Menko Luhut, program ini semua dibikin fokus terukur, dengan demikian Indonesia akan bisa masuk pada tataran Asia dan tataran dunia.

Dalam pembukaan PON Papua XX ini, Menko Luhut juga memberikan aba-aba tanda dimulainya perlombaan atletik lari 5000 m hingga memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba atletik lari 5000 m tersebur dengan mengalungkan medali.

Biro Komunikasi

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel