BeritaBerita DeputiDeputi 4

Menko Luhut: Kita Siap Kembangkan Food Estate Sumatera Utara Empat Tahun Ke Depan

Dibaca: 17 Oleh Jumat, 18 Desember 2020Desember 19th, 2020Tidak ada komentar
Menko Luhut: Kita Siap Kembangkan Food Estate Sumatera Utara Empat Tahun Ke Depan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

Marves – Sumut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan ke kawasan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara pada hari Jumat (18 – 12 -2020). Kunjungan dilakukan untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden pada 27 Oktober 2020 lalu dan memantau perkembangan penanaman dan kawasan lahan.

Di dalam kunjungannya, Menko Luhut, menyampaikan bahwa kawasan food estate saat ini telah berkembang penanamannya, dari 15 Ha menjadi 212 Ha. Di lahan tersebut tiga komoditi yakni kentang, bawang merah, dan bawang putih, akan siap dipanen pada pertengahan Januari 2021.

“Berdasarkan laporan dari Kementerian Pertanian, hasil perkembangan food estate sudah sangat baik. Kawasan Food Estate Humbang Hasundutan akan menjadi pembelajaran untuk dapat diterapkan di tempat lain,” jelasnya. Dalam empat tahun ke depan, food estate Sumatera Utara akan diperluas sampai 30.000 Ha dan akan dikembangkan penanaman hortikultura.

Menko Luhut juga menjelaskan bahwa kawasan food estate tidak menganggu lingkungan hutan. Komoditi ditanam di tanah yang tidak tertanam pohon, sehingga hutan tetap terjaga dengan baik. Untuk menjaga tanah agar tidak longsor juga akan ditanami kacang macadamia, kopi, dan tanaman keras lainnya.

Baca juga:  Suar Kemaritiman Edisi 5 Agustus 2018

Saat ini, pemerintah sedang melihat dataran tinggi lainnya untuk dapat dikembangkan kawasan food estate. Seperti di pulau Sulawesi atau pulau Jawa, untuk dapat mengembangkan pertanian serta menyejahterakan penduduk di sekitarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Menko Luhut didampingi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendiarti, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Ayodhia G L Kalake, Staf Khusus Menko Bidang Hukum dan Perundang-undangan Lambock V. Nahattands, Staf Khusus Menko BIdang Ekonomi dan Investasi Hernando, Penasehat Khusus Menko Bidang Kerja sama Tiongkok Jona Widhagdo.

Biro Komunikasi
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel