Siaran PersPenguatan Implementasi Reformasi Birokrasi

Menko Luhut Minta Humas Jadi Garda Depan Agen Perubahan

Dibaca: 29 Oleh Jumat, 4 September 2020September 22nd, 2020Tidak ada komentar
Menko Luhut Minta Humas Jadi Garda Depan Agen Perubahan
#Maritim #Kemaritiman #PorosMaritimDunia #SahabatMaritim 

SIARAN PERS 

No.SP-134/HUM/ROKOM/SET-MARVES/VI/2020

Marves – Bogor, “Anda semua harus mampu menjadi agen perubahan, berikan informasi yang akurat. Jangan sampai berita hoax yang menyesatkan lebih dipercaya oleh masyarakat.” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan dalam sambutannya dalam Workshop Peningkatan Kapasitas Kehumasan Lingkup Kementerian pada Jumat-Minggu, 4-6 Agustus 2020, di Bogor, Jawa Barat.

Hadir melalui video conference, Menko Luhut juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang pembelajaran. Menko Luhut berpesan bahwa para tenaga humas Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi harus berupaya untuk menjadi agen perubahan.

Poin penting yang juga ditegaskan kepada mereka adalah agar para tenaga humas menguasai dengan baik mengenai tugas pokok dan fungai dari Kemenko Marves. “Penguasaan materi ini penting karena dapat menjadi sumber edukasi bagi masyarakat terkait pembangunan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah,” ingat Menko Luhut.

Lebih jauh, dia menjelaskan bahwa sebagai kementerian koordinator, Kemenko Marves tidak bekerja sendirian. “Kita selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan lembaga dan kementerian terkait. Penting untuk memahami bahwa setiap kementerian tersebut bekerja secara terintegrasi,” jelasnya.

Baca juga:  Kemenko Marves Terus Kawal Implementasi PerPres 79 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi Di Jawa Tengah

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kementerian Koordinator Agung Kuswandono dalam sambutannya juga berpesan bahwa tenaga kehumasan merupakan bagian dari tulang punggung organisasi, terutama di era informasi digital dimana informasi berperan sebagai komoditas utama masyarakat.

“Kehumasan kini menjadi begitu penting, masyarakat terus mengawasi dan menunggu berbagai kebijakan yang ada, sehingga informasi yang akurat dan terkini tentu dibutuhkan sebagai garda terdepan.” ujar Sesmenko Agung.

Sesmenko Agung menjelaskan pula bahwa humas tidak hanya bertugas memberikan data dan informasi, tetapi juga harus memberikan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai bentuk konten dan media dengan bahasa yang mudah dipahami.

“Kini, berbagai ide kreatif dapat menjadi inspirasi dalam membentuk informasi yang berguna bagi publik. Memunculkan berbagai ide kreatif akan membantu humas untuk terus memberikan informasi yang faktual,” kata Sesmenko Agung.

Dalam workshop ini, para tenaga humas mendapatkan materi yang diberikan oleh perwakilan dari enam kedeputian di Kemenko Marves. Materi-materi tersebut merupakan pengenalan berbagai program kerja dari kedeputian koordinasi bidang kedaulatan maritim dan energi, kedeputian koordinasi sumber daya maritim, kedeputian koordinasi bidang infrastruktur dan transportasi, deputi koordinasi pengelolaan lingkungan dan kehutanan, kedeputian koordinasi pariwisata dan ekonomi kreatif serta kedeputian bidang investasi dan pertambangan.

Baca juga:  Kemenko Kemaritiman dan IPB Sinergi Dukung Pengembangan Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan Nasional

Para narasumber yang merupakan pejabat eselon 1 dan 2 memaparkan program kerja mulai dari pengelolaan Flight Information Region, penataan ruang laut, koordinasi revitalisasi Sungai Citarum, koordinasi pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Selain itu, dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Penasehat Menko Bidang Komunikasi, pejabat eselon 2 dan 3 dari unit teknis lain, para peserta diberikan wawasan mengenai investasi di Indonesia.

Biro Komunikasi
Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel